Selasa, 23 April 2024

Kadis Kominfo Jatim dan Kalsel Bahas Migrasi TV Analog ke Digital

Diunggah pada : 13 April 2022 20:05:35 83

Jatim Newsroom - Kepala Dinas Kominfo Jatim, Hudiyono, mengunjungi kantor Dinas Kominfo Kalimantan Selatan. Ia diterima Kadis Komonfo Kalsel, Muhammad Muslim, di ruang kerjanya, Rabu (13/4/2022). 

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam itu, keduanya membahas pelbagai topik terkait Kominfo. Salah satunya, Analog Switch Off (ASO) migrasi TV analog ke digital. Program dari Kementerian Kominfo itu dibahas, karena mulai bulan April ini sudah memasuki tahap satu ASO. 

"Kalau di Jawa Timur tahap satu ada sembilan kabupaten. Kami saling berdiskusi bagamaina proses persiapan yang sudah dilakukan. Termasuk koordinasi dengan KPID dan stasiun televisi, hingga proses penyaluran set top box gratis untuk masyarakat kurang mampu," jelas Hudiyono. 

Menurutnya, sosialisasi ASO ini menjadi penting. "Waktunya sudah mepet dan tidak semua masyarakat paham apa itu TV digital. Jangan sampai terjadi resistensi pada masyarajat atas kebijakan ASO ini. Karena yang terbiasa menggunakan TV analog, saat sudah ASO maka tidak bisa lagi difungsikan," ujarnya. 

Kadis Kominfo Kalsel, M Muslim, juga mengaku program ASO walaupun menjadi program pusat, namun harus disosialisasikan dan dikoordinasikan. "Tahap satu di Kalsel ini ada lima kabupaten kota yang masuk ASO. Kami masih berkoordinasi proses pembagian set top box gratis bagi masyarakat," jelasnya. 

Selain membahas ASO, kedua kadis itu juga menbahas progran terkait Kominfo. Seperti Satu Data dimana Dinas Kominfo sebagai walidata, program Sistem Pemerintahan Berbasis Ekektronik (SPBE), dan fungsi pranata humas yang menjadi domain Dinas Kominfo. 

Usai berdiskusi, Hudiyono didampingi Kabid Informasi Publik, Samsuri, dan M Muslim beserta jajaran pejabat strukturalnya berfoto bersama. Keduanya berharap agar kolaborasi dan sinergitas Dinas Kominfo antar provinsi bisa tetap dilakukan untuk bisa saling belajar.(fri/s) 

 

Caption :

Kepala Dinas Kominfo Jatim, Hudiyono bersama Kadis Kominfo Kalsel, M Muslim beserta jajaran saat bersilaturahmi. Foto : Afrizal

#jatim #kominfo #Kepala Dinas Kominfo #Diskominfo