Senin, 3 Oktober 2022

Kadis Kominfo Jatim Buka Bimtek Platform Digitalisasi Buat KIM

Diunggah pada : 27 Juli 2022 13:35:49 59
Kadis Kominfo Jatim, Dr Hudiyono M Si saat membuka acara bimtek KIM di hotel golden tulip holand Batu. (sug)

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Hudiyono, membuka bimbingan teknis (Bimtek) platform digitalisasi bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di hotel golden Tulip resort Holland di kota Batu (27/7/2022).

Kepala Dinas Kominfo Jatim, Hudiyono mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan digitalisasi KIM oleh Kemenkominfo RI dan Provinsi Jatim. Karena kegiatan ini bisa memperluas akses untuk mempercepat proses komunikasi dari tingkat masyarakat bawah hingga pemerintah di kabupaten/kota, Provinsi dan pusat.   

“Kegiatan ini sangat bagus dan strategis, karena saat ini pemerintah sedang memperluas akses untuk memperkuat akses jaringa, infrastruktur digitalisasi, dan akses Sumber daya Manusia (SDM)nya, dan Jatim sendiri saat ini sudah terbentuk kemitraan bersama komunitas Informasi Masyarakat, serta KIM ini bisa bersinergi dengan Kominfo RI,”katanya.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa ingin kebijakan publik bisa dengarkan dan disampaikan ke masyarakat ditingkat bawah.“Jatim saat ini sedang menyiapkan satu data di Kominfo Provinsi Jatim, maka itu kami harap KIM bisa langsung berperan memberikan informasi atau penyuplai data yang di masyarakat ke pemerintah atau informasi sebaliknya kebijakan pemerintah juga bisa tersampaikan melalui KIM ini,”paparnya.

Ia juga menambahkan, sudah saatnya KIM juga mempromosikan potensi pariwisata di wilayahnya masing – masing atau bahkan menjual produk – produk UMKMnya melalui digitalisasi. Dimana terbukti ditengah pandemi covid 19 terdapat kenaikan aktifitas berbasis internet hingga 25 persen.

Sementara itu Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kemenkominfo, Hasyim Gautama mengatakan, dengan pelatihan digitalisasi platform KIM ini diharapkan, komunitas informasi masyarakat bisa memberikan informasi yang teraktual kepada pemerintah mulai kabupaten/kota, provinsi dan pusat, sehingga kecepatan informasi tercapai. (Pca/Dia/hjr)

 

 

#Diskominfo