Kamis, 25 April 2024

Kadis Kominfo Jatim Bahas Pelaksanaan Penerapan SMKI Bersama CBQA Global

Diunggah pada : 26 Mei 2023 16:38:07 107
Kegiatan pelaksanaan Penerapan SMKI Bersama CBQA Global Jatim, hari ini, Jum’at (26/5/2023), di Diskominfo Prov Jatim. Foto : Ghufron (JNR)

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin, bersama perwakilan Certification Body of Quality Assurance Global (CBQA Global), Waniwatining Astuti (Ani), mengadakan cloosing meeting, terkait Pelaksanaan Audit Surveillance ISO 27001 Data Center Pemprov Jatim, Jum’at (26/5/2023).

“Terimakasih kepada bu Ani yang sudah melakukan audit ini di Diskominfo Jatim. Kita melakukan persiapan sejak bulan Januari. Mudah- mudahan yang kami punya bisa mendapatkan yang terbaik. Jika ada kekurangan, mohon disampaikan, agar ke depan kami bisa untuk memperbaiki serta meningkatkan untuk lebih baik, karena hal ini tidak hanya untuk Diskominfo Jatim sendiri, tetapi juga  untuk beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kab/Kota di Jatim,” kata Sherlita. 

Ani mengatakan, closing meeting adalah rangkaian kegiatan Audit Surveillance ISO 27001 yang dilakukan selama dua hari, Kamis (25/5/2023) – Jumat (26/5/2023), untuk memastikan keamanan informasi di Diskominfo Jatim tetap konsisten dengan standart ISO 27001 versi 2013. 

Ani mengatakan, audit berjalan dengan lancar dan tepat waktu berkat kerjasama yang dilakukan oleh seluruh Tim Diskominfo yang terkait data center. 

“Apa yang saya catat selama dua hari ini di Diskominfo Jatim adalah pertama adalah komitmen pimpinan terkait pentingnya penerapan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI), kedua konsistensi implementasi keamanan informasi, ketiga kerjasama dan dukungan dari pihak-pihak terkait (terutama) jajaran pimpinan terhadap implementasi ISO /IEC 27001:2013. (ISMS), selanjutnya adalah implementasi SMKI yang sudah dijalankan dengan baik dan pemahaman serta kerjasama tim yang baik dalam menyediakan dokumen dan evidence implementasi yang dibutuhkan yang ke-6 adalah awareness karyawan yang baik, “jelasnya. 

Pada kesempatan ini, Kadis Sherlita di dampingi oleh Kepala Bidang (Kabid Aptika) Achmad Fadlil Chusni, Kabid Infrastruktur TIK - Gugi Alifrianto Wicaksono dan serta Tim Data Center Diskominfo Prov Jatim.

Sebagai informasi, audit ini dilakukan guna melaksanakan ketentuan Peraturan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Nomor 8 tahun 2020 tentang Sistem Pengamanan dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik Pasal 9 yang menyebutkan bahwa Penyelenggara Sistem Elektronik yang menyelenggarakan Sistem Elektronik strategis wajib menerapkan SNI ISO/IEC 27001. (yan)

 

 

 

 

 

#Diskominfo Jatim