Sabtu, 20 April 2024

Kadis Andromeda Tekankan Pentingnya Pendataan Pemberdayaan Koperasi dan UKM

Diunggah pada : 4 November 2022 13:26:54 53
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop-UKM) Provinsi Jawa Timur, Andromeda Qomariah. Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop-UKM) Provinsi Jawa Timur, Andromeda Qomariah mengatakan bahwa Pemprov Jatim terus berupaya melakukan kegiatan pemberdayaan Koperasi dan UKM. 

Ia menerangkan, strategi pendataan dapat dilakukan untuk mencapai target yang telah ditentukan, yaitu dengan menggunakan data Penerima Bantuan Sosial, Data Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), serta data lain yang sudah dimiliki Kabupaten/Kota dan disesuaikan dengan form yang ditentukan.

Untuk itu, Diskop-UKM Jatim menggelar Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Strategis Dana APBN tahun 2022, di Surabaya, pada hari Rabu-Jumat (2-4 November 2022)

"Harapan kami, capaian target pendataan akan lebih cepat. Kabupaten/Kota konsisten dan komitmen terhadap upaya pendataan ini," sambung Andromeda. 

Adapun program lain yang perlu mendapatkan perhatian adalah Pahlawan Tumpuan Ekonomi Negeri (Patenpreneur) dari Deputi Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM RI. Program ini memfasilitasi entrepreneur dalam konsultasi bisnis dan pendampingan usaha.

Demikian juga dengan program Koperasi Modern dan UKM Go Global. "Pengembangan kewirausahaan dan transformasi digital yang didukung oleh pendataan yang komprehensif harus menjadi fokus kita bersama dalam pemberdayaan Koperasi dan UMKM. Mengingat bahwa tantangan ekonomi ke depan yang masih cukup berat," terang Kadis Andromeda. 

Sebagai fasilitator pemberdayaan Koperasi dan UMKM, lanjutnya, dapat menyediakan iklim usaha yang kondusif dan mendukung pengembangan Koperasi dan UMKM agar bisa scale up. 

"Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, kita dapat saling menyinergikan program kegiatan strategis bersumber dana APBN yang akan dilaksanakan di tahun 2023 dengan memperhatikan evaluasi atas pelaksanaan kegiatan tahun 2022. Dengan demikian, upaya pemberdayaan Koperasi dan UMKM di Jawa Timur dapat lebih optimal dan kontribusinya terhadap perekonomian Jawa Timur semakin meningkat," tegasnya. (idc/n)

#Diskop UKM Jatim #pendataan