Kamis, 6 Oktober 2022

Kadis Andromeda Paparkan Faktor yang Pengaruhi Akses Permodalan K-UKM

Diunggah pada : 29 Juli 2022 14:57:27 60
Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim), Andromeda Qomariah menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi akses permodalan K-UKM.

Hal tersebut disampaikan Andromeda dalam Talkshow Pembiayaan dengan tema “Kemudahan Akses Permodalan Bagi K-UKM”, Kamis (28/7/2022) di Gedung Convention & Exhibition Grand City Surabaya.

Sebagaimana dilansir dalam laman resmi diskopukm.jatimprov.go.id, Andromeda menjelaskan bahwa faktor pertama adalah masih banyak para pelaku UMKM di Jawa Timur yang tidak menyusun laporan keuangan dengan baik dan benar.

Kedua, persyaratan administrasi dan pengajuan usulan pembiayaan yang dianggap oleh para pelaku UMKM kita rumit dan panjang. Ketiga, sebagian besar pelaku UMKM kita tidak memiliki agunan, padahal ini menjadi salah satu persyaratan yang diminta oleh perbankan untuk mengurangi resiko kredit macet.

Keempat, adalah kurangnya informasi, antara lain informasi untuk mengakses permodalan, sehingga pilihan yang akan diambil para pelaku UMKM adalah jalan yang paling cepat. Kelima, masih sedikitnya perbankan yang memiliki layanan kredit mikro di bawah Rp25 Juta.

Sebagai informasi, kegiatan ini digelar sebagai rangkaian K-UKM Expo ke-9 dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-75 Provinsi Jawa Timur tahun 2022. Talkshow ini dihadiri oleh lebih kurang 60 peserta yang berasal dari gerakan Koperasi dan UMKM di 5 (lima) Kabupaten/Kota, yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Mojokerto. (idc/n)

#Diskop UKM Jatim #koperasi