Kamis, 28 Maret 2024

Kabupaten Ngawi Terima 2.100 Vaksin PMK

Diunggah pada : 25 Juni 2022 12:23:20 147
Ternak sapi

Jatim Newsroom- Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi hari ini menerima 2.100 dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Vaksin tersebut segera disuntikkan untuk sapi perah dan sapi potong dalam kondisi sehat dan belum terjangkit PMK.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Ngawi, Bonadi mengungkapkan pihaknya segera mempersiapkan vaksinasi. Tetapi, distribusi vaksin tersebut masih menunggu instruksi lebih lanjut dari Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono.

“Karena kalau diratakan untuk 219 desa di Ngawi, hanya akan dapat 9 dosis saja per desa, sehingga untuk distribusinya masih akan kami tunggu instruksinya dari pimpinan,” kata Bonadi, Jumat (24/6/2022)

Bonadi mengungkapkan vaksin itu nantinya bakal diberikan pada 100 ekor sapi perah dan sisanya untuk sapi potong. Sapi-sapi itu harus dalam kondisi sehat dan belum pernah terjangkit PMK.

Meski begitu dia tak menampik kemungkinan jika sapi yang terjangkit PMK bisa divaksinasi. Meski begitu, sapi harus sudah dalam kondisi sembuh dan suntikan vaksin harus berjarak dua bulan usai sapi dinyatakan pulih total.

“Secara umum vaksin ini didatangkan dari luar negeri oleh Kementerian Pertanian. Untuk produk vaksin dalam negeri kan masih belum ada. Sehingga, sejumlah jatah vaksin yang kami dapat ini akan kami maksimalkan untuk pencegahan penyebaran PMK,” katanya. (jal/hjr)

#PMK