Kamis, 6 Oktober 2022

JKF 2022, Tiga Daerah di Jatim Tampilkan Pertura ke Masyarakat Kota Batu

Diunggah pada : 27 Juli 2022 23:58:30 105
Warga kota Batu antusias menyaksikan pertura dibalai kota Among Tani, Rabu (27/7/2022). (Sug)

Jatim Newsroom – Memasuki hari ketiga Pameran Jatim Kominfo Festival di kota Batu, Dinas Kominfo Jatim menggelar pertunjukan festival rakyat (Pertura) dengan menamplkan  tiga pertura yakni dari Kabupaten Sumenep dengan judul Lancor Sale, Kabupaten Tuban dengan judul Ajari Nyincing Kelebing Digital dan Kota Surabaya dengan judul Gotong Royong Bangkitkan Ekonomi.

Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim), Assyari mengatakan untuk malam ini ada tiga daerah yang tampil di pertura, Sumenep, Tuban, dan Surabaya. Dan sebelumnya pada hari Selasa (26/7/2022) juga tiga. “Total ada enam peserta yang tampil di Pertura  di JKF, untuk pemenangnya akan di umumkan pada penutupan JKF di hotel Orchid, Kamis tanggal 28/7/2022,”katanya.

Dijelaskan Assyari, dalam Festival Pertura, setiap penampilan peserta harus memiliki unsur cerita, tokoh cerita, dialog, musik pengiring, gerak/tari, vokal/waranggono,lawak/humor. Sedangkan untuk materi atau isi cerita yang disajikan harus bersumber pada bahan – bahan penyuluhan tentang Kebijakan Pemerintah, permasalahan yang sedang hangat terjadi di masyarakat yang disajikan secara santun, pertimbangan etika dan estetik, Cerita rakyat, Cerita panji, Cerita babat, Cerita menak, Ramayana dan Mahabarata.

“Pertura ini tidak hanya menampilkan seni dan budaya saja, namun harus bisa menyampaikan pesan-pesan terhadap proses bagaimana peran Kominfo ke depan, terutama dalam persoalan membangun Optimis Jatim Bangkit dengan akselerasi digital. Pesan ini harus sampai kepada masyarakat melalui pertunjukan rakyat," pesannya.

Terkait penonton JKF, alhamdulillah untuk penonton mulai penampilan pertura selasa – rabu ini sangat antusias mengikuti pertura yang di gelar di balai kota Among Tani diperkirakan jumlah yang hadir sekitar ratusan orang dari masyarakat batu. “Terima kasih atas antusias warga batu selama pergelaran pertura yang merupakan hiburan selama pelaksanaan rangkaian kegiatan  JKF ini,” pungkasnya (pca/hjr)

 

#JKF Batu #JKF2022