Kamis, 25 April 2024

Jembatan Desa Sebalong Prioritas TMMD ke-113 Kabupaten Pasuruan

Diunggah pada : 11 Mei 2022 16:59:48 167
Wakil Bupati Mujib Imron bersama Forkopimda Kabupaten Pasuruan saat meninjau lokasi TMMD ke-113 (aud)

Jatim Newsroom-Jembatan perbatasan Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo   Serbalong Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan menjadi salah satu prioritas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 tahun 2022

“Sebalong adalah desa yang berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo, sehingga sasaran pembangunannya adalah jembatan yang menghubungkan Sebalong dengan Desa Klampok Kabupaten Probolinggo,” ujar Wakil Bupati Pasuruan, Mujib Imron saat meninjau lokasi TMMD ke-113, Rabu (11/5/2022).

Dengan diperbaikinya jembatan ini, ia berharap, aktivitas masyarakat bisa semakin lancar baik yang akan menurju Probolinggo maupun Pasuruan. “Kami berharap perekonomian masyarakat semakin berkembang dengan sarana yang bagus,” harapnya.

 Sementara Dandim 0819/Pasuruan, Letkol Inf Nyarman menambahkan, selain jembatan, menurutnya, di dusun-dusun desa Sebalong juga dibangun beberapa fasilitas lain seperti paving, irigasi, dan MCK.        

 TMMD salah satu wujud Operasi Bakti TNI dan merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI, Polri, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemda serta komponen bangsa lainnya yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan kegiatan pembangunan di daerah pedesaan.

Untuk memaksimalkan target capaian sasaran fisik maupun non fisik, sebelum pelaksanaan TMMD, juga dilaksanakan Pra TMMD di lokasi tersebut sejak 4 April 2022. Sejumlah  personel koramil diterjunkan kelokasi sasaran fisik bahkan dibantu perangkat desa dan masyarakat secara bergotong royong mulai mengerjakan sasaran fisik tersebut.

 Dilaksanakannya Pra TMMD, dimaksudkan untuk memaksimalkan target capaian sasaran fisik. Hal ini dilakukan, mengingat waktu pelaksanaan TMMD sangat terbatas, yakni hanya 30 hari, maka dilaksanakan Pra TMMD. “Ratuasam personel gabungan dari Koramil jajaran di libatkan, perangkat desa dan masyarakat juga ikut membantu dalam kegiatan Pra TMMD ini,” katanya.

Salah satu sasaran fisik yang dikerjakan yaitu pembangunan MCK untuk umum dengan ukuran 6 meter x 4 meter di dusun Kramat desa Sebalong Kec. Nguling dan Pembangunan TPS dengan panjang 8 meter x 6 meter, yang mana nantinya fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat. (hjr)

#pasuruan #TMMD