Sabtu, 3 Desember 2022

Jatim Tambah Medali Perak dari Lomba Senam Perwatusi

Diunggah pada : 3 Juli 2022 19:06:12 87
Resty Dwi Anita (kiri) saat menerima medali perak/audi

Jatim Newsroom - Provinsi Jatim menambah satu medali perak di nomor Senam Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) perorangan atas nama Resty Dwi Anita.

Resty mengaku tidak menyangka bisa memperoleh medali perak, mengingat ini merupakan lomba tingkat nasional pertama yang diikutinya.

"Saya sebenarnya tidak mematok juara karena sebelumnya saya tidak pernah ikut lomba senam perwatusi," kata Resty usai menerima medali di Gedung Jakabaring Shooting Range Palembang, Minggu (3/7/2022).

Ketua DPD Perwatusi Jatim, Nani Lukita mengaku cukup bangga Jatim mendapatkan medali perak di senam perorangan dan harapan III di senam beregu.

Ia berharap, senam Perwatusi semakin diminati generasi muda sehingga bisa sehat."Prestasi itu nomor dua yang terpenting badan sehat,"ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, lomba senam Perwatusi durasi ditentukan selama 45 menit, porsi terbesar nilai ada pada teknik geraknya. "Ada berapa ragam teknik, dan itu harus betul gerakannya. penilaian lainnya, kekompakan atau keseragaman gerak karena beregu, daya tahan, aksesoris,"katanya.

Senam merupakan satu di antara cabang olahraga yang melibatkan beberapa gerakan tubuh. Senam pun membutuhkan kecepatan, kekuatan, dan keserasian gerakan fisik. 

Karenanya melibatkan beberapa gerakan tubuh, Olahraga Senam juga baik untuk mencegah osteoporosis. Menurut penelitian, 46 perempuan yang melakukan olahraga senam selama tiga kali seminggu dapat menyebabkan peningkatan kepadatan tulang.

Karena manfaatnya begjtu besar, olahraga Senam pun digunakan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) saat mencanangkan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis. (hjr)

#Fornas Palembang