Jumat, 19 April 2024

Jatim Sediakan Mudik Gratis Bagi Pekerja Migran

Diunggah pada : 6 April 2023 18:16:45 79
Kadisnakertrans Prov. Jawa Timur Dr. Himawan Estu Bagijo, S.H., M.H. di Kantor Disnakertrans Jatim Surabaya, Kamis (6/4/2023) menjelaskan di awak media.

Jatim Newsroom - Menjelang libur Lebaran 144H, Pemprov Jatim melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Prov Jatim bersama Bank Jatim juga membuka Posko Layanan Kepulangan Pekerja Migran Indonesia Tahun 2023” dan Mudik Gratis bagi mereka. Posko ini berada di Counter HelpDesk Kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Terminal Kedatangan Internasional (T2) Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo.

Kepala Disnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo, di Kantornya, Kamis (6/4/2023) mengatakan, counter ini sehari-hari bertugas mendata status kepulangan PMI (finish kontrak, cuti atau bermasalah). Counter helpdesk PMI juga memberi layanan fasilitasi jika PMI menghadapi permasalahan seperti sakit, deportasi dan hilang kontak.

Sedangkan pada saat Lebaran, tugas Posko Kepulangan PMI adalah Pendataan kepulangan PMI dan keluarga penjemput, layanan telepon gratis/emergency call, Shelter-Transit (jika PMI tiba terlalu malam/belum ada keluarga penjemput) dan Bantuan antaran ke terminal/fasilitasi pemulangan (PMI berstatus deportasi).

Dikatakan Himawan, saat ini, jumlah kedatangan PMI melalui Bandara Juanda di Sidoarjo sampai dengan bulan Maret 2023 tercatat sebanyak 3.214 orang. Jumlah ini akan terus meningkat volumenya mengingat di masa libur Lebaran banyak PMI pulang dalam rangka cuti untuk jangka waktu agak lama (umumnya sekitar 1 bulan).

Dikatakannya, Posko Lebaran Kepulangan PMI ini akan dilaksanakan UPT Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja (UPT P2TK) mulai tanggal 10 - 26 April 2023. Sementara untuk layanan Mudik Gratis bagi PMI Jatim ini, dilaksanakan pada tanggal 16 - 18 April 2023.

"Selama tiga hari tersebut, kami melayani fasilitas mudik menggunakan Bis sebanyak 2 kali yaitu pada pukul 14.00 dan 19.00. Terdapat 6 rute mudik gratis ini, yaitu Rute 1 : Kab. Malang (Kepanjen sekitar), Rute 2 : Kediri, Blitar dan Tulungagung, Rute 3 : Pasuruan, Probolinggo, Jember dan Banyuwangi, Rute 4 : Nganjuk, Madiun dan Ponorogo, Rute 5 : Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep dan Rute 6 : Lamongan, Bojonegoro dan Tuban," terang Himawan.

Bagi PMI yang berminat mudik gratis bisa mendaftar melalui link bit.ly/4203QgY selambatnya pada tanggal 12 April 2023.(her/s) 

#Disnakertrans Jatim