Sabtu, 30 September 2023

Jatim Media Summit 2023 Hasilkan 5 Rekomendasi

Diunggah pada : 25 Mei 2023 21:10:35 141
Jatim Media Summit 2023, di Surabaya, Rabu-Kamis (24-25 Mei 2023). Foto: Yanu/JNR

Jatim Newsroom – Jatim Media Summit 2023 menghasilkan 5 (lima) rekomendasi bagi Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk pengembangan media Jawa Timur agar semakin bangkit dan naik kelas. 

Rekomendasi tersebut dibacakan oleh CEO beritajatim.com, Dwi Eko Lokononto; CEO suara.com, Suwarjono; dan Perwakilan International Media Support (IMS) Indonesia, Eva Danayanti di penutupan Jatim Media Summit 2023, di Surabaya, Kamis (25/5/2023).

Pertama, Jawa Timur merupakan daerah provinsi kedua setelah DKI Jakarta dalam perekonomian dan jaraknya tidak terlalu jauh. Tapi, dalam pemanfaatan konten media digital terdapat jarak yang sangat jauh, Jakarta 170 juta, sedangkan Jawa Timur hanya 5 juta. 

Kedua, untuk memperpendek jarak tersebut, dibutuhkan kolaborasi para stakeholder untuk membangkitkan pemanfaatan konten digital di Jawa Timur. Para stakeholder itu antara lain Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur, kalangan swasta, perguruan tinggi, dan media. 

Ketiga, media digital Jawa Timur menghadapi tantangan terkait konten bisnis, teknologi, distribusi, hingga keberlangsungannya. 

Keempat, solusi dalam menghadapi tantangan itu adalah kolaborasi sehingga media Jawa Timur bisa naik kelas dan mendekati media-media berbasis di Jakarta. 

Kelima, bentuk kolaborasi meliputi dukungan pada aspek teknologi, konten, distribusi, monetasi, hingga model bisnis. Kolaborasi dukungan dari para stakeholder ini dilakukan secara terpadu dan terintegrasi dalam sebuah program besar yang meliputi workshop bisnis media, pendampingan, hingga dukungan teknologi. 

CEO suara.com, Suwarjono menerangkan, sampai akhir tahun lalu, Dewan Pers mencatat ada 132 media dari total 1.732 media atau 1 di antara 15 media di Indonesia berbasis di Provinsi Jawa Timur. “Angka ini belum menghitung media nasional yang memiliki kantor atau biro di Jawa Timur,” terangnya. 

Jumlah media yang besar ini, lanjut Suwarjono, menggambarkan kedinamisan bisnis media dan besarnya potensi pasar di provinsi ini, terbesar berikutnya setelah regional Jabodetabek. 

“Namun, industri media yang besar ini belum diiringi kemampuan atau kapasitas bisnis mumpuni dan manajemen medianya. Maka, pada Jatim Media Summit 2023 yang menjadi pertemuan media berbasis di Provinsi Jawa Timur degan para pemangku kepentingan muncul berbagai peluang dan tantangan untuk kebangkitan media Jawa Timur,” tuturnya. 

Sebagai informasi, sebanyak lebih kurang 100 pemimpin media lokal di Jawa Timur akan berdiskusi bersama sekitar 100 stakeholder mulai dari pemerintahan, swasta, agensi iklan, lembaga donor, dll, dalam rangkaian acara yang terdiri dari conference (diskusi panel), workshop, talkshow, coaching clinic, hingga sesi networking. Kegiatan dilaksanakan selama 2 (dua) hari, pada tanggal 24-25 Mei 2023. 

Kegiatan ini diinisiasi beritajatim.com bersama suara.com dengan dukungan IMS. Di hari pertama dibuka Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan ditutup oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak di hari kedua. (idc/s)

#Jawa Timur #Jatim Media Summit 2023 #media massa