Kamis, 6 Oktober 2022

Jatim Lakukan Deklarasi Jejaring Panca Mandala Pertama

Diunggah pada : 28 Juli 2022 15:27:57 126
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa/wahyu

Jatim Newsroom - Provinsi Jawa Timur menjadi provinsi pertama yang melakukan Deklarasi Jejaring Panca Mandala dan Penandatanganan Nota Kesepakatan dengan  Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Deklarasi tersebut dipusatkan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (28/7/2022) dan dihadiri Bupati dan Walikota se-Jatim.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya mengatakan, deklarasi ini adalah mandat yang berat, tetapi jika bersinergi akan bertemu dengan solusi - solusi yang memudahkan dan meringankan program pembangunan.

"Kita berada di Bumi Majapahit, dari bumi inilah Bhineka Tunggal Ika Dharma Mangrua diperkenalkan. Dari Bumi Jawa Timur inilah, kata Nusantara pertama kalinya diperkenalkan," terangnya.

Lebih lanjut Gubernur Khofifah menyampaikan terimakasih atas dipilihnya Jatim menjadi provinsi pertama Deklarasi Jejaring Panca Mandala. "Deklarasi Ini semakin meneguhkan Jawa Timur sebagai provinsi yang masyarakatnya senantiasa mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila," jelasnya.

Selain menyelenggarakan penguatan nilai-nilai Pancasila yang melibatkan semua potensi masyarakat, yang tergabung dalam Jejaring Panca Mandala (JPM) Jawa Timur, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) juga melakukan penandatanganan nota kesepakatan dengan Gubernur dan Walikota serta Bupati se- Jawa Timur.

"Hari ini semua anggota JPM mewakili 38 Kab/Kota di Jatim, melakukan deklarasi  gotong royong membumikan Pancasila di bumi Majapahit Provinsi Jawa Timur, serta pembacaan RKTL di depan Gubernur Jawa Timur dan para Bupati serta Walikota dari 38 Kab/Kota," ujar Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama, Ir. Prakoso, Kamis (28/7/2022).

"Deklarasi ini, merupakan yang pertama di Indonesia. Dan Jatim merupakan provinsi pertama yang membentuk JPM sampai tingkat kab/kota," tambahnya.

Dalam deklarasi dan pembacaan RKTL ini, semua anggota JPM membuat program sesuai dengan karakter daerahnya dengan pola pendekatan yang beragam. Seperti JPM Kota Blitar yang mengfokuskan pada kampung Pancasila, sementara JPM Kabupaten Lamongan pembentukan kader wisata sadar Pancasila.

Deklarasi dan pembacaan RKTL ini, di selenggarakan di gedung negara Grahadi, Surabaya. Hadir Gubernur Jawa Timur, pengurus BPIP, serta para bupati dan walikota seluruh Jawa Timur. (jal/hjr)

#gubernur #gubernur khofifah