Kamis, 25 April 2024

Jatim Berbagi Ilmu Penguatan Statistik Sektoral dengan Diskominfo Kab Blitar

Diunggah pada : 25 Mei 2023 15:28:31 54
Kunjungan Diskominfo Statistik dan Persandian Kab. Blitar, hari ini Kamis(25/5/2023). Foto : Yanu Arif Budiman (JNR)

Jatim Newsroom –  Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim)  menerima kunjungan para statistisi Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Blitar, di Command Center, Lt. II dan diterima langsung oleh Kepala Bidang Data Statistik Nirmala Dewi, Kamis (25/5/2023).

Ulfatul Umami - Kepala Bidang Statistik Kominfo Kab. Blitar mengatakan bahwa tujuan dari kunjungan ini adalah pertama untuk mengetahui bagaimana kerjasama yang dilakukan Diskominfo Prov Jatim dengan perguruan tinggi dalam rangka penguatan statistik sektoral karena minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang statistik. Kerjasama pemerintah dengan perguruan tinggi merupakan kerjasama simbiosis mutualisme, artinya saling membutuhkan dan saling menguntungkan. 

“Tujuan yang kedua adalah bagaimana berjalannya Forum Satu Data (Sata) di Provinsi Jawa Timur, termasuk peran BPS serta bagaimana penguatannya dan proses perencanaannya yang ada di Bappeda untuk penentuan data prioritas. Tentunya ada standar operasional (SOP) sesuai Pergub No. 81 tahun 2020 tentang SATA.  Dan ketiga, adalah tentang Sata Jatim Award yang akan digelar tahun ini, “ujarnya 

Nirmala Dewi menjelaskan, kerjasama dengan perguruan tinggi sudah dilakukan sebelum adanya satu data (SATA),  Diskominfo bekerjasama dengan Universitas Malang. Dengan adanya kerjasama ini bisa saling memberikan informasi, bisa berkolaborasi.  Untuk Tahun 2022 karena SDM Statisi terbatas, dan Diskominfo harus membina di 60 Perangkat Daerah (PD), maka Diskominfo berkolaborasi dengan  ITS untuk memenuhi kebutuhan SDM Statisi. Dengan kerjasama ini, ada 100 mahasiswa ITS yang disebar ke 44 PD, untuk mendampingi PD dalam  kegiatan statistiknya agar meta datanya keluar, meskipun jumlah tersebut belum mampu  untuk mengampu semuanya. Diskominfo juga melakukan kolaborasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai Pembina Data dan Bappeda sebagai koordinator.

“Terkait Forum Sata, Bappeda selaku koordinator, Diskominfo sebagai Wali Data  dan BPS Selaku Pembina. Di dalam Forum Data akan menyepakati daftar apa saja yang menjadi prioritas dan mengacu data – data yang mendukung  IKU (Indeks Kinerja Utama), IKD (Indeks Kinerja Daerah ) serta SDGs (Sustainable Development Goals). Pada Juni nanti akan diadakan forum lagi  untuk penetapan daftar data 2024.  Dalam forum ditetapkan dengan kesepakatan bersama daftar data prioritas OPD / produsen data yang tertuang di berita acara dan di tanda tangani bersama BPS, Bappeda, Kominfo dan produsen data. Selanjutnya kesepakatan daftar data di tanda tangani oleh Sekda Prov Jatim,” jelas Dewi. 

“Sedangkan Sata Award Tahun 2023, merupakan bentuk apresiasi kepada  Kab/Kota terkait penyelenggaraan Sata nya akan dilaksanakan pada bulan Juli, yang merupakan tahun ke 2 penyelenggaraan yang diikuti 38 Kab/Kota,”tambah Dewi. (yan/s)

#Diskominfo Jatim