Senin, 28 November 2022

Jajal track BOMBASTIS milik UPT RSBN Malang, mahasiswa Universitas Negeri Malang rasakan empati.

Diunggah pada : 15 Juli 2022 15:44:40 62
Jajal track BOMBASTIS milik UPT RSBN Malang, mahasiswa Universitas Negeri Malang rasakan empati.

Jatim Newsroom- Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra (UPT RSBN) Dinsos Jatim menerima mahasiswa dari Universitas Negeri Malang yang datang dan ingin mencoba track Bombastis (Belajar Orientasi Mobilitas Bagi Disablitas Netra). Mereka melakukan trial track bombastis 1, yang terdapat jalan halang rintang, tangga naik turun, jalan menanjak dan jalan menurun.

Didampingi oleh instruktur Bombastis, mereka lanjut mencoba track bombastis dengan mengenakan penutup mata, rompi, dan memegang tongkat tunanetra.

Kepala UPT RSBN Malang, Firdaus Sulistijawan, Jumat ( 15/7/2022) menjelaskan, track Bombastis ini adalah wujud untuk mengajarkan konsep orientasi mobilitas (OM)  dengan melibatkan instruktur, pekerja sosial, care giver, keluarga, dan masyarakat. 

"Dengan mencoba track bombastis, keluarga atau masyarakat akan merasakan bagaimana rasanya Disabilitas Netra (Distra) dalam melakukan orientasi mobilitas. Pastinya akan bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat untuk bisa peduli dan mengajarkan orientasi mobilitas kepada distra. Hal ini akan bermanfaat sekali bagi teman-teman disabilitas netra" ujarnya.                      

Salah satu Mahasiswa Universitas Negeri Malang, Lilis Andriyani, yang melakukan trial track Bombastis mengaku merasa deg-degan, gemetar, dan empati.

"Jujur rasanya deg-degan, tangan saya gemetar pegang tongkat, karena pertama kali mencoba dan takut jatuh, ikut merasakan apa yang disabilitas netra rasakan, benar-benar tidak bisa lihat apa-apa, gelap semuanya.a Sya salut dengan teman-teman disabilitas netra, dengan adanya track bombastis ini jelas sangat membantu untuk percepatan teman-teman disabilitas netra mengenal lingkungan sekitar," katanya.(her/s)

#dinsos