Minggu, 14 Agustus 2022

Jaga Pasokan Listrik, PLN UIT JBM Gantian Material Transmisi Utama

Diunggah pada : 20 Juni 2022 15:57:15 70
PLN UPT Surabaya melaksanakan penggantian pada Material Transmisi Utama

Jatim Newsroom-Menjaga keandalan sistem dan pasokan listrik ke wilayah Surabaya, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) melalui Unit Pelaksana Transmisi Surabaya (UPT Surabaya), melaksanakan penggantian material transmisi utama yang mengalami penurunan performa.

Dilaksanakan selama tiga hari, PLN UPT Surabaya melaksanakan penggantian pada Material Transmisi Utama (MTU) yaitu PMS (Pemisah) yang menyalurkan listrik dari Gardu Induk Sukolilo ke Gardu Induk Kenjeran. Hal tersebut dilakukan, karena adanya penurunan performa sesuai hasil uji yang telah dilakukan sehingga diperlukan penggantian atau peremajaan MTU. Pengujian dapat dilihat saat dilakukannya pemeliharaan dan pengujian rutin 2 Tahunan, sehingga berdasarkan hasil dari pengujian tersebut PMS perlu dilakukan penggantian.

“Penggantian MTU ini adalah hasil dari tindakan preventif dan asesmen kami di PLN untuk pengoptimalan keandalan sistem, sehingga peralatan yang sudah mengalami penurunan performa harus segera kami lakukan penggantian. MTU tersebut langsung kami ganti sebelum terjadinya breakdown yang tentunya itu akan mengganggu sistem kami,” ujar General Manager PLN UIT JBM, Didik F. Dahklan, Senin (20/6/2022).

Selain itu, Didik pun melanjutkan bahwa Gardu Induk Sukolilo merupakan sumber pasokan listrik ke Gardu Induk Kenjeran, di mana Gardu Induk Kenjeran menjadi salah satu pemasok listrik ke wilayah Madura.“Kami melakukan upaya ini, agar tidak ada kendala dalam menyalurkan pasokan listrik ke wilayah Surabaya dan Pulau Madura”, lanjut Didik.

Dengan kerja sama antar Tim dari Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Surabaya Utara serta Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) pekerjaan penggantian 2 set PMS ini bisa dilakukan dengan cepat dan efisien.

Setiap pekerjaan yang dilakukan tim, harus menggunakan alat pelindung diri lengkap dan senantiasa menjaga serta mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Dengan pemeliharaan ini, kesiapan instalasi di GI Sukolilo semakin andal dan kepuasan pelanggan akan meningkat seiring dengan kualitas pelayanan yang diberikan PLN.

“Tentu, semua pekerjaan harus memperhatikan K3, karena tidak ada yang lebih berharga dari keselamatan pekerja. Dengan pekerjaan aman insyaAllah sistem dan peralatan juga akan andal”, tambah Manager UPT Surabaya, Christian Ismunandar. (hjr)

#PLN UID Jatim