Rabu, 24 April 2024

Jaga Nilai Kearifan Lokal, Perhutani Bersama Pemdes Jetak Gelar Sedekah Bumi di Tuban

Diunggah pada : 19 Agustus 2022 16:48:10 119

Jatim Newsroom-  Untuk menjaga nilai religi dan kearifan lokal, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tuban bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Jetak Kecamatan Montong Kabupaten Tuban menggelar acara sedekah bumi (Haul) mbah Singo Negoro bertempat dikawasan hutan Perhutani Tuban, pada,  Kamis (18/08)

Makam mbah Singo Negoro terletak dipetak 104 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Kebonagung, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Merakurak yang secara administratif masuk Desa Jetak – Kecamatan Montong Kabupaten Tuban.

Acara tersebut dihadiri oleh Asisten Perhutani (Asper) BKPH Merakurak beserta jajarannya, Kepala Desa Jetak, anggota Komisi II DPRD Tuban, Ketua LMDH Bongok Permai, Kepala Sekolah dari Yayasan Tarbiyatul hanin Banat, dan masyarakat sekitar hutan.

Administratur KPH Tuban melalui Asper BKPH Merakurak, Agus Dwi Nasruli menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur dan untuk mempertahankan budaya religi dengan mengedeoankan kearifan lokal.

Menurutnya, dengan cara tersebut, kita semua dapat selalu mengingat akan budaya yang ada terutama dalam menjaga nilai kearifan lokal, ujarnya.

Agus menjelaskan, bahwa selain dikenal oleh masyarakat sebagai makam mbah Singo Negoro, lokasi tersebut juga menyimpan keindahan yang dapat dinikmati yaitu air terjun bongok yang memiliki keindahan alamnya yang asri.

“Harapannya dengan digelarnya agenda tahunan ini bisa menjaga nilai kearifan lokal dan kelestarian alam. Karena selain berziarah di makam mbah Singo Negoro, masyarakat sekitar hutan atau pengunjung lainnya bisa tetap menikmati akan keindahan alam disekitarnya,” terang Agus.

Sementara itu, Kepala Desa Jetak, Zaqi Mubarok Ali menyampaikan terima kasih kepada semua jajaran stakeholder yang telah hadir dalam undangan sedekah bumi (Haul) mbah Singo Negoro.

“Semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya untuk mengingat leluhur dan menjaga kelestarian alam yang ada di sekitar hutan, khusunya di wilayah administrasi Kabupaten Tuban,” tukasnya. (jal/hjr)

#perhutani