Kamis, 25 April 2024

IPM Ponorogo Masuk Kategori Tinggi, Ada di Angka 71,87

Diunggah pada : 9 Maret 2023 17:49:12 119

Jatim Newsroom - Kualitas hidup penduduk Kabupaten Ponorogo tergolong tinggi. Tolok ukurnya adalah indeks pembangunan manusia (IPM) berdasarkan tingkat kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data IPM Kabupaten Ponorogo pada tahun 2022 berada di angka 71,87 yang masuk kategori tinggi dan menempati peringkat ke-21 se-Jawa Timur.

Peningkatan IPM menjadi salah satu fokus perhatian Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko yang juga tertuang dalam misi Pendidikan HEBAT dan Kesehatan HEBAT. Pekerjaan rumah yang menanti adalah meningkatkan rata-rata lama sekolah yang sekarang ini masih 7,77 tahun.  Artinya, rata-rata penduduk berusia 25 tahun ke atas di Kabupaten Ponorogo hanya menempuh pendidikan setara hingga kelas 1 atau kelas 2 SMP.  

Dalam refleksi dua tahun kepemimpinannya, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengakui masih memiliki pekerjaan rumah berupa meningkatkan rata-rata lama sekolah itu. Persoalan tersebut hendak dijawab dengan program  sekolah serentak untuk memfasilitasi mereka yang putus sekolah untuk melanjutkan pendidikan melalui kelompok belajar paket B (setara SMP) dan paket C (setara SMA).

‘’Berbicara IPM, tahun ini kita di angka 71,87. Ponorogo masih punya pekerjaan rumah yaitu angka rata-rata lama sekolah 7,77 tahun yang artinya baru sampai pada kelas satu atau kelas dua SMP,’’ jelas Kang Bupati.

IPM menjadi hal penting karena menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Selain itu, merupakan indikator untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia. IPM juga dapat menentukan peringkat atau level pembangunan suatu wilayah. (why/n)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo