Senin, 28 November 2022

Implementasikan ‘Bombastis,’ Pemprov Jatim-UPT RSBN Malang Dinsos Jatim ajak PM Distra ke Alun-alun

Diunggah pada : 6 Juli 2022 11:15:58 45
Implementasikan ‘Bombastis,’ UPT RSBN Malang ajak PM Distra ke Alun-alun

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra (UPT RSBN) Malang Dinas Sosial (Dinsos) Jatim mengajak para penerima manfaat (PM) disabilitas netra (distra) mengimplementasikan Belajar Orientasi Mobilitas bagi disabilitas dan komunitas (Bombastis) ke alun-alun Kota Malang.

Para PM menuju lokasi didampingi oleh para instruktur Orientasi Mobilitas (OM) dan Bombastis serta Kepala UPT RSBN Malang. Tujuan mengimplementasikan ini adalah untuk lebih meningkatkan skill para PM, serta melatih kemandirian dan keberanian ketika mereka di tempat umum.

Kepala UPT RSBN Malang, Firdaus Sulistijawan, Rabu (6/7/2022) mengatakan, kegiatan ini perlu dilakukan untuk melatih skill dan menumbuhkan rasa percaya diri kepada PM agar nantinya setelah terminasi atau ketika para PM kembali ke masyarakat, mereka dapat mandiri dan tidak terlalu menggantungkan kepada orang lain.

“Kegiatan impelementasi inovasi Bombastis ini juga sekaligus untuk mengenalkan kepada masyarakat umum bahwa di UPT RSBN Malang ada tempat pembelajaran bagi distra di bawah naungan Dinsos Provinsi Jatim dan juga bisa untuk belajar bagi komunitas-komunitas yang ingin mengetahui Bombastis,” jelasnya.

Dia menambahkan, inovasi Bombastis ini bermanfaat untuk membantu mempercepat proses PM distra dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Sementara itu menurut salah satu PM Distra, Andika, mengatakan dengan adanya kegiatan ini membuatnya mampu memumbuhkan rasa percaya diri, berani dan dapat bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.(her)

#dinsos