Sabtu, 22 Juni 2024

Ikuti Pelatihan Level I SOC Analyst, Peserta Asal Kominfo Kota Madiun Raih Peserta Terbaik

Diunggah pada : 17 Mei 2024 20:18:34 79
Pranata Komputer Ahli Pertama dari Dinas Kominfo Kota Madiun bernama, Tri Setyoko (baju merah) saat menerima plakat dan sertifikat penghargaan dari Kadis Kominfo Jatim Sherlita, pada agenda penutupan Pelatihan Level I Security Operations Center (SOC) Analyst Tahun 2024, di Ruang Kelas E, BPSDM Jatim, Surabaya, Jumat (17/5/2024). Foto : Rafly / JNR

Jatim Newsroom – Seorang Pranata Komputer Ahli Pertama dari Dinas Kominfo Kota Madiun bernama, Tri Setyoko mendapat predikat peserta terbaik dalam Pelatihan Level I Security Operations Center (SOC) Analyst Tahun 2024 yang digelar Dinas Kominfo Jatim dan BSSN RI, di Ruang Kelas E, BPSDM Jatim Surabaya, pada Jumat (17/5/2024). Ia mendapat plakat dan sertifikat penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin. 

Saat ditemui, Pranata Komputer Ahli Pertama Dinas Kominfo Kota Madiun yang akrab disapa Yoko tersebut menyampaikan, sebetulnya pihaknya tidak berekspektasi untuk meraih penghargaan menjadi peserta terbaik, dan tidak tahu kalau ada penilaian dari pengajar selama pelatihan. 

"Saya juga tidak menyangka tidak tahu, sebetulnya jujur agak kaget dan menjadikan pemantik semangat. Ilmu ini harus saya terapkan di instansi tempat saya bekerja (Dinas Kominfo Kota Madiun). Artinya mau tidak mau setelah saya dapat ilmu baru ya harus kita terapkan di OPD saya,” tuturnya.

Karena diketahui Dinas Kominfo Kota Madiun juga sudah mempunyai CSIRT sejak tahun 2023 kemarin, Yoko mengungkapkan setelah menjalani pelatihan ini terkait cyber security akan mengembangkan lebih baik kapasitas SDM di dalamnya. 

“Jadi SDM kami itu memang terbatas ya kita harapkan ada penambahan SDM baru dan bisa menjadikan penguatan di Tim CSIRT kami. Walaupun CSIRT kami terdiri dari banyak perangkat daerah di dalamnya. Tapi itu dirasa masih kurang dengan banyaknya aset teknologi informatika yang ada di Kota Madiun,” terang Yoko. 

Yoko mengatakan, dengan diadakannya pelatihan ini, tandanya Dinas Kominfo Jatim sudah sangat bagus dalam mendukung kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur untuk menjaga keamanan informasi dari gangguan siber.  

“Kota Madiun juga sudah merasakan sendiri ketika kami minta bantuan, arahan, maupun bimbingan itu sangat dibantu,” ujarnya. 

Ke depan Yoko berharap, semoga Dinas Kominfo Jatim semakin baik dan lebih maju lagi. Serta, kolaborasi dengan kabupaten/kota di Jawa Timur lebih erat lagi. “Karena seperti yang dikatakan Bu Kadis Kominfo Jatim, bahwa ruang siber itu tidak bisa dijaga hanya satu orang saja, harus saling berinteraksi. Karena provinsi itu sebagai penghubungnya antara kabupaten/kota dengan BSSN bisa menghubungkan secara erat kolaborasinya,” harapnya. 

Diketahui, pelatihan Level I SOC Analyst Tahun 2024 ini merupakan kegiatan untuk mewujudkan program BSSN yakni born to defense untuk SDM Pengelola Keamanan Siber Sektor Infrastruktur Informasi Vital. Dinas Kominfo Jatim menggandeng BSSN RI, dan BPSDM Jatim untuk menyelenggarakan kegiatan. Peserta kegiatan berjumlah 50 orang yang berasal dari ASN, perangkat daerah di lingkup Pemprov Jatim, kabupaten/kota di Jatim dan kepolisian. (vin/s)

#kota Madiun #SOC #Security Operations Center #Dinas Kominfo Kota Madiun

Berita Terkait

Rumah Calon Peserta Didik Jauh dari Sekolah?
Tenang, Masih Ada Kesempatan di Jalur Zo...
4 Juni 2024
thumb