Kamis, 25 April 2024

Ikuti 14 Nomor Perlombaan, Karate Tradisional Jatim Targetkan Tiga Medali Emas

Diunggah pada : 6 Juli 2022 11:07:35 105
Tim Karate Tradisional Jatim diajang Fornas VI Palembang. Foto: Sugeng

Jatim Newsroom - Tim Karate Tradisional Jatim di Fornas VI Sumsel 2022, menargetkan perolehan tiga medali emas. Ketiga medali diharapkan dapat disumbangkan dari 14 nomor yang diperebutkan.

Tim Karate Tradisional Jatim diperkuat oleh 24 atlet. Dari 14 nomor yang diikuti, diantaranya nomor kata perorangan, kata beregu, dan embu beregu, kihon beregu dan kihon campuran. 

"Kami memahami kemampuan atlet, makanya target yang kami harapkan sementara tiga medali emas. Kalaupun mendapatkan lebih, semata ini anugerah buat anak didik kami," terang Kriyo Sambodho, Manager Karate Tradisional Jatim saat ditemui, Rabu (6/7/2022) di DINING HALL JSC Palembang.

Diceritakannya, olah raga Karate Tradisional ini tidak memakai pelindung, sehingga aman bagi anak-anak. Karena yang dilombakan adalah seni atau kata, sehingga olahraga ini masuk ke KORMI atau olahraga rekreasi

Bagi anak yang masih sekolah setingkat  Sekolah Dasar (SD) hingga setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam aturan, tidak diperkenankan ada pertandingan yang namanya melakukan body contec  yang langsung berbenturan dengan tubuh. Itupun ada lomba kategori tanding, namun kedua belah pihak Atlet tidak boleh sampai menciderai lawan. 

"Ini sangat memerlukan latihan yang khusus dan insentif. Karena hanya menunjukkan tehnik dan gerakan yang benar. Jadi anak-anak tidak rawan dengan cidera," terangnya.

INATKF sendiri, berada di naungan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) yang telah disahkan oleh Kementerian Olah Raga (Kemenpora) Republik Indonesia pada tahun 2020 untuk Jawa Timur yang ada Surabaya,  Jember dan Malang. (jal/hjr)

#Fornas Palembang