Kamis, 28 Maret 2024

Hingga 30 Oktober 2022, Cuaca Ekstrim di Jatim Masih Berpotensi Terjadi

Diunggah pada : 24 Oktober 2022 20:40:52 510
Foto: dok. BMKG Klas I Juanda Surabaya

Jatim Newsroom – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Juanda Sidoarjo kembali mengeluarkan rilis potensi cuaca ekstrim di wilayah Jawa Timur. Disebutkan bahwa berdasarkan analisis kondisi iklim wilayah Jawa Timur, saat ini memasuki masa peralihan/pancaroba, bahkan sudah masuk musim hujan. Kondisi dinamika atmosfer di wilayah Jawa Timur ini cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan, yaitu hingga tanggal 30 Oktober 2022.

Kepala Stasusn BMKG Klas I Juanda Sidoarjo, Taufiq Hermawan, melalui rilisnya, Senin (24/10/2022) menyampaikan, hasil analisis dinamika atmosfer di wilayah Jawa Timur terkini menunjukkan adanya pola konvergensi serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan. Begitupun fenomena gelombang atmosfer Equatorial Rossby dan Kelvin yang aktif, serta suhu muka laut di perairan Jawa Timur masih hangat dengan anomali antara +0.5 s/d +2.5 ºC, membuat suplai uap air semakin banyak di atmosfer.

“Kondisi tersebut mempengaruhi pembentukan awan–awan Cumulonimbus yang semakin intens dan dapat mengakibatkan cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang, puting beliung dan hujan es,” ujar Taufiq.

Dikatakan, beberapa wilayah yang patut diwaspadai memiliki potensi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi periode 24-30 Oktober 2022, yaitu di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Kab. Mojokerto, Jombang, dan Nganjuk.

Selain itu juga Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Ngawi, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. dan Kota Kediri, Kab. Blitar, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Jember, Banyuwangi, Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Adapun potensi bencana hidrometeorologi itu seperti genangan, banjir, banjir bandang, angin kencang, puting beliung, hujan es maupun tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi.

Masyarakat pun diimbau untuk melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan saluran irigasi/sungai-sungai, memangkas dahan dan ranting pohon yang rapuh/lapuk, menertibkan baliho semipermanen dll, serta selalu waspada terhadap dampak bencana hidrometeorologi.

Masyarakat juga diharapkan untuk selalu mengupdate informasi peringatan dini 3 harian dan peringatan dini 2-3 jam-an serta informasi terkini yang selalu kami share melalui website (http://www.juanda.jatim.bmkg.go.id), media sosial (@infobmkgjuanda), telepon 24 Jam (031) 8668989, WhatsApp : 0859 8003 00011 dan pantauan citra radar BMKG Juanda : http://juanda.jatim.bmkg.go.id/radar.

Sebelumnya, saat meninjau titik longsor di Kabupaten Trenggalek, Minggu (23/10/2022), Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, juga mengimbau warga yang tinggal di sekitar lokasi rawan bencana, untuk mewaspadai dampak cuaca ekstrem yang diprediksi berlangsung hingga Januari 2023.

"Masyarakat harus terus waspada, karena dari Oktober 2022 hingga Januari 2023 BMKG memprediksi akan terjadi cuaca ekstrem bersamaan dengan hidrometeorologi membuat besar kemungkinan intensitas hujan sangat tinggi," kata Khofifah.

Dengan kondisi cuaca ekstrem ini, kesiapsiagaan wajib ditingkatkan, seperti lingkungan yang rawan longsor harus dipetakan dan diantisipasi, serta mitigasi hingga skenario evakuasi juga dipersiapkan.(sti)

#BMKG