Jumat, 2 Desember 2022

Hari Statistik Nasional, Jatim Terus Perkuat Ekosistem Satu Data dan Sukseskan Regsosek 2022

Diunggah pada : 26 September 2022 20:44:12 55

Jatim Newsroom - Di Hari Statistik Nasional 2022, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur, berkomitmen untuk terus mewujudkan ekosistem satu data dan menyukseskan kegiatan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang akan dilakukan di Jawa Timur.

Dalam ekosistem tersebut Jatim berusaha menawarkan kemudahan kepada masyarakat dalam menemukan data dengan mudah, cepat, mutakhir dan akurat. Hal ini bisa ditemukan pada portal sata.jatimprov.go.id. 

"Sata.jatimprov.go.id merupakan aplikasi pendukung  percepatan pengambilan keputusan dan perumusan kebijakan yang lebih akurat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Hal ini tentunya  melalui partisipasi aktif Perangkat Daerah di Jawa Timur dalam pengelolaan, penyimpanan, pencarian, dan penerjemahan data," terang Kepala Diskominfo Jatim, Hudiyono, Senin (26/9/2022).

Sedangkan dalam rangka Regsosek 2022, Diskominfo Jatim menyadari akan pentingnya fungsi program tersebut dalam mewujudkan satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat agar lebih tepat sasaran.

Khususnya agar nanti data yang dihasilkan bisa digunakan pemerintah dan pemangku kebijakan dalam penyaluran program perlindungan sosial maupun pemberdayaan masyarakat sehingga tepat sasaran dan tepat guna.

Terkait portal Sata Jatim, ada tiga jenis konten pada portal sata.jatimprov.go.id, yaitu berupa dataset, indikator kinerja, dan visualisasi. Dataset merupakan kumpulan data-data mentah dalam bentuk tabular yang dapat diolah lebih lanjut. 

Sementara Indikator kinerja merupakan alat ukur spesifik secara kuantitatif atau kualitatif untuk masukan, proses, keluaran,  hasil, manfaat dan dampak yang menggambarkan tingkat  capaian kinerja suatu program atau kegiatan. Sedangkan, visualisasi merupakan gambaran informasi data tertentu dalam bentuk grafik, namun kini masih dalam proses pengembangan.

Adapun dalam identifikasi daftar data oleh produsen data, saat ini tercatat dari 55 Perangkat Daerah sudah hampir seluruhnya mengusulkan daftar data untuk Tahun 2023 ke Walidata melalui Portal Sata Jatim.

Lebih lanjut dikatakan Hudiyono, bahwa data werehouse telah dimiliki oleh Pemprov Jatim, yaitu berupa Satu Data (Sata) Jatim. Maka, guna memenuhi amanat Peraturan Presiden 39/2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI), Pemprov Jatim pun telah menyiapkan aplikasi Open Data Jawa Timur yang akan menyajikan data-data dari seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemprov Jatim serta seluruh pemerintah Kab/Kota se-Jawa Timur. 

“Open Data Jawa Timur ini lahir sebagai cita-cita Pemprov Jatim untuk menyediakan satu basis data pembangunan yang akurat, terbuka, terpusat serta terintegrasi, sesuai dengan amanat Pergub Jatim nomor 81 tahun 2000,” ujar Hudiyono.

Namun dalam Open Data Jawa Timur ini, lanjutnya, tidak semua data dapat disajikan karena sesuai amanat Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, seluruh dataset (kumpulan data) yang disajikan dalam open data tidak diperkenankan mengandung informasi terkait rahasia negara, rahasia pribadi, atau hal-hal lain yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Saat ini Diskominfo Jatim selaku walidata juga terus mendorong, mendampingi, memfasilitasi serta memberdayakan sumber daya manusia di bidang data dan statistik di masing-masing perangkat daerah (produsen data). Salah satunya dengan mengadakan berbagai forum statistisi atau pelaksana Sata Jatim. 

Diharapkan forum ini bisa berperan sebagai media komunikasi dan sarana diskusi membahas permasalahan pengelolaan data yang ada di Provinsi Jawa Timur.

Sebagai informasi, Setiap tanggal 26 September diperingati sebagai Hari Statistik Nasional. Ini merupakan hari ditetapkannya UU Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik. Dengan diterbitkannya UU tersebutlah yang menjadi latar belakang dibentuknya Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai badan penyelenggara statistik di Indonesia.Dan kini BPS menjadi mitra Diskominfo Jatim selaku wali data dalam rangka mewujudkan Satu Data (Sata) Indonesia. 

Dalam kehidupan di era Big Data ini, statistik sangat berperan signifikan dalam membantu memudahkan kehidupan sehari-hari manusia. Manfaat atau kegunaan statistik tentu saja tidak terbatas pada kegiatan ilmu pengetahuan seperti penelitian saja, namun juga dimanfaatkan secara luas, baik dalam bidang ilmu alam maupun dalam bidang bisnis, industri, dan ekonomi.(sti)

#statistisk #sata jatim #hari statistik nasional