Sabtu, 15 Juni 2024

Hari Air Dunia ke-31, Wagub Jatim Minta Konservasi Lingkungan Libatkan Seluruh Elemen

Diunggah pada : 21 Maret 2023 16:53:12 74
Rekaman Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak saat mebacakan sambutan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada Peringatan Hari Air Dunia ke - 31 di Desa Klungkung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember, Selasa (21/3/2023)/Ghufron.

Jatim Newsroom - Membacakan sambutan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak berharap momen peringatan Hari Air Dunia ke – 31 mampu membangkitkan kepedulian masyarakat tentang pentingnya air bagi kehidupan manusia.

“Kekeringan pada momen-momen tertentu salah satunya akibat alih fungsi lahan, sehingga upaya konservasi menjadi sangat penting, sebagai  langkah yang harus dilakukan secara konsisten dan melibatkan seluruh elemen masyarakat,” ungkap.Wagub Emil, dalam rekaman sambutan saat Peringatan Hari Air Dunia ke - 31 di Desa Klungkung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember, Selasa (21/3/2023).

Dikatakannya, tema Hari Air Dunia tahun ini ‘Be The change You Want to See in The World’ sangat tepat untuk mengingatkan sekaligus membangkitkan semangat masyarakat menjadi agen perubahan lingkungan, guna menjaga kelestarian air. “Air adalah elemen yang sangat penting dalam kehidupan manusia, air adalah sumber daya yang harus kita kelola dengan cermat,” ungkapnya.

Saat ini lanjut Wagub, masyarakat menghadapi tantangan terkait dengan perubahan iklim, yang menimbulkan ekskalasi air dalam konteks daya rusak seperti terjadinya banjir atau longsor yang disebut bencana hidrometeorologi. Kondisi ini, membuat semua pihak bersama-sama menjaga kawasan aliran sungai dan hutan.   

Dipilih Kalijompo di Kabupaten Jember sebagai lokasi peringatan Hari Air Dunia tahun ini, menurut Wagub karena daerah ini memiliki banyak fungsi dari sisi infrastruktur pengendali banjir, juga memiliki fungsi sosial dan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

“Selain tantangan terkait kekeringan, juga ada tantangan mengenai pencemaran air yang harus menjadi perhatian bersama. Karena itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Nawa Bhakti Satya salah satunya adalah Jatim Akses dan juga Jatim Harmoni. Harmoni menekankan kelestarian lingkungan hidup dan akses menekankan bagaimana masyarakat bisa mengakses infrastruktur yang dibutuhkan,” tuturnya. (hjr)

#pemprov jatim #Wagub Emil #gubernur khofifah #Hari Air Dunia #Dinas PU SDA Jatim