Jumat, 29 Maret 2024

Hardiknas 2023 Jawa Timur, Gubernur Khofifah : IPM Jatim Capai 72,75 di Tahun 2022

Diunggah pada : 2 Mei 2023 12:02:30 221
Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat menjadi Inspektur Upacara Hari Pendidikan Nasional 2023, di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa(2/5/2023). (Foto: Sugeng)

Jatim Newsroom - Dalam upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa pagi(2/5/2022), Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jawa Timur mencapai 72,75 pada tahun 2022 dan tertinggi diantara provinsi lain.

Ia mengatakan, dampak dari prestasi di bidang pendidikan  yang kita raih bersama antara lain adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jawa Timur meningkat cukup signifikan pada satu dekade ini, tahun 2011, angka IPM kita 66,06 dan pada tahun 2022 menjadi 72,75.

"Dan selama periode tersebut IPM Jawa Timur,  rata-rata tumbuh 0,90 persen pertahun, serta masih pada level tertinggi diantara Provinsi-Provinsi di pulau Jawa,"katanya, saat menyampaikan sambutan sebagai inspektur upacara.

Dalam kesempatan tersebut Khofifah menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan Nasional bahwa  selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Gubernur Khofifah juga menyampaikan bahwa  dalam perjalanan pembangunan Jawa Timur telah berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, salah satu program unggulan adalah Gerakan Literasi Sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa.

"Selain itu juga meningkatkan kompetensi guru dan tenaga pendidikan, serta didukung sarana dan prasarana pendidikan, ini adalah wujud nyata yang kita lakukan bersama." ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Jawa Timur juga memberikan penghargaan-penghargaan kepada insan Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan menyerahkan penghargaan kepada SMA/ SMK di Jawa Timur atas prestasinya di tingkat regional, nasional dan internasional. (mad/hjr)

#unair