Jumat, 29 Maret 2024

Halau Chikungunya, Warga Normanan Basmi Nyamuk Dewasa hingga Sarangnya

Diunggah pada : 5 Februari 2023 16:00:23 55
Warga Lingkungan Normanan Kelurahan Mangkujayan, Ponorogo, bergotong royong memberantas sarang nyamuk, Minggu (5/2/2023). Foto: Erwin suganda

Jatim Newsroom - Nyamuk Aedes aegypti kini menjadi musuh utama warga Lingkungan Normanan Kelurahan Mangkujayan, Ponorogo. Sebanyak 17 warga setempat terserang chikungunya akibat gigitan nyamuk yang juga menularkan penyakit demam berdarah dan virus Zika itu. Perang melawan Aedes aegypti di Normanan berlangsung sporadis dengan gugur gunung atau kerja bakti sekaligus fogging (pengasapan), Minggu (5/2/2023). 

‘’Membasmi nyamuk sampai ke sarang-sarangnya,’’ kata Lurah Mangkujayan Khoirul Anam.

Pihaknya langsung melapor secara berjenjang tatkala belasan warga Lingkungan Normanan terserang chikungunya. Instruksi yang turun berupa kerja bakti serentak di satu kelurahan bersamaan Dinkes Ponorogo menurunkan tim fogging.   

‘’Terima kasih kepada Pak Bupati yang langsung menerjunkan tim fogging setelah mendapat laporan,’’ ungkap Khoirul Anam.

Sementara itu, Zaka Fadilah Syahputra, dokter Puskesmas Ponorogo Barat, menyatakan bahwa pembasmian Aedes aegypti di Normanan bersifat menyeluruh. Sebab, ada kerja bakti pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang notabene tindakan untuk memutus mata rantai perkembangan nyamuk. 

Warga bergerak masif menguras dan menutup tempat penampungan air,  serta mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan (3M). Pun, aktivitas itu ditimpali dengan fogging yang efektif membunuh nyamuk dewasa. ‘’Langkah paling efektif ketika sudah muncul kasus adalah membersihkan lingkungan dan melakukan fogging,’’ jelas Zaka. (why/n)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo