Kamis, 6 Oktober 2022

Hadiri Puncak Peringatan Hari Kartini, Wagub Emil Apresiasi Kontribusi Perempuan Jawa Timur

Diunggah pada : 21 April 2022 18:54:54 118
Wagub Emil menyerahkan Bansos Peringatan Hari Kartini 2022

Jatim Newsroom – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, menghadiri Bakti Sosial, Deklarasi 5 Stop, dan Penyerahan Bantuan Sosial kepada Ojek Online (Ojol) Perempuan di Gedung Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S), Kamis (21/4/2022) sore.

Dalam kegiatan yang digelar sebagai puncak acara peringatan Hari Kartini 2022 di Jawa Timur itu, Wagub Emil menyampaikan, melalui peringatan Hari Kartini kali ini Pemprov Jatim ingin menanamkan suatu nilai bahwa perempuan bisa mandiri dan berdaya. Ini esensi dari Nawa Bhakti Satya, yaitu salah satunya Jatim Berdaya.

Artinya, tambah Emil, Jawa Timur bukan hanya dibangun begitu saja tanpa memperhatikan peran serta semua pihak. Sudah saatnya kaum perempuan memainkan peran di garis terdepan dalam membangun Jatim.

Emil pun mengapresiasi kontribusi perempuan di Jawa Timur. Termasuk yang tergabung dalam naungan Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Jatim, seluruh organisasi wanita, dan mitra-mitra yang terlibat menyukseskan peringatan Hari Kartini ini.

“Tentu yang juga membanggakan adalah komunitas GASPOL, Gerakan Sayang Perempuan Ojek Online. Ada 45 organisasi perempuan dan semuanya kompak menyayangi perempuan ojek online karena merupakan Kartini-Kartini masa kini. Selamat Hari Kartini untuk semua Srikandi-srikandi Jawa Timur,” tutur Emil.

Ketua BKOW Jawa Timur, Gardjati Heru Tjahjono, mengatakan, bakti sosial diberikan dalam bentuk pemeriksaan kesehatan gigi, serta bantuan sosial berupa sembako, ultra mikro, rombong, paket sandang, dan modal usaha.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Wagub Emil kepada Ojol Perempuan, Ojol Perempuan yang mempunyai anak berkebutuhan khusus, dan perempuan korban kekerasan. Bantuan diberikan oleh BAZNAS, PT Jaring Pangan, IKA UNAIR, BPJS Ketenagakerjaan, dll.

Dalam kesempatan ini, perwakilan perempuan Jatim juga menyuarakan Deklarasi 5 Stop, antara lain (i) Stop Stunting, (ii) Stop tanpa Dokumen Kependudukan, (iii) Stop Bullying, Kekerasan Pada Perempuan dan Anak, (iv) Stop Pekerja Anak, dan (v) Stop Perkawinan Anak. (idc/s)

#wakil gubernur #emil dardak #hari kartini