Selasa, 16 April 2024

“Gumbregan” Ritual Tahunan Masyarakat Samin Bojonegoro

Diunggah pada : 19 Agustus 2022 19:40:20 1425
Ritual Gumbregan masyarakat Samin - Margomulyo Kabupaten Bojonegoro.

Jatim Newsroom - Gumbregan merupakan salah satu ritual yang dilakukan setiap tahun oleh masyarakat Samin - Margomulyo Kabupaten Bojonegoro.

Upacara adat Gumbregan merupakan salah satu bentuk selamatan yang dilakukan masyarakat pemilik hewan piaraan seperti kambing, kerbau, sapi, dan kuda. Upacara selamatan ini dimaksudkan untuk menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kesejahteraan yang diberikan olehNya dalam wujud hewan-hewan piaraan yang berlimpah guna membantu dan memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Bambang Sutrisno Putra Harjo Kardi,  Generasi Ke V Samin Surosentiko mengatakan bahwa kegiatan Gumbregan ini rutin dilakukan setahun sekali pas waktu Suro di hari Jum'at Pahing, dimana hari tersebut jatuh pada hari ini Jumt tanggal 19/08/2022.

“Kegiatan Gumbregan ini kita laksanakan pada pukul 06.00 pagi sampai dengan selesai, di simpang empat Dusun Jepang Desa Margomulyo, karena Dusun Jepang adalah sebagai pusat warga masyarakat Samin. Ritual atau Kegiatan Gumbregan ini adalah ritual dimana kita menggelar makanan berupa ketupat secara bersama-sama, setelah itu kita laksanakan do'a bersama dan baru kita bagikan kepada warga yang mengikuti acara tersebut untuk bisa dinikmati/dimakan bersama,“ jelas Bambang.

Kegiatan ini juga hadiri oleh perwakilan Disbudpar Propinsi, UIN Sunan Kalijaga, pegiat seni budaya Lab Seni Senthong Sekarjati,  Adi Sutarto. (yan/n) 

#bojonegoro