Jumat, 19 April 2024

Gubernur : Tugu Titikbaca Perlu Disinergikan dengan Milenial Job Center

Diunggah pada : 19 Mei 2022 14:33:33 428
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat membuka Festival Hari Buku Nasional (FHBN) 2022

Jatim Newsroom – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menerima secara simbolis sumbangan tugu titikbaca dari Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dan PT ENAM KUBUKU INDONESIA. Hal ini merupakan bagian dari upaya transformasi digital untuk meningkatkan literasi. Pada kesempatan ini Gubernur Jawa Timur, Khofifah Idar Parawansa, menilai bahwa tugu baca ini perlu disinergikan dengan Milenial Job Center (MJC) karena juga diletakkan di Bakorwil.

Tugu titikbaca adalah tugu yang menyediakan scan QR Code menggunakan kamera ponsel untuk bisa mengakses koleksi buku digital secara gratis. Tugu titikbaca dipasang di suatu area dan mampu dijangkau hingga radius 100 meter. 

Ada sejumlah 63 titikbaca yang selanjutnya diserahkan kepada 38 Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se Jawa Timur, 20 Perpustakaan daerah Kabupaten/Kota di Jawa Timur, dan 5 Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) yang ada di Jawa Timur. Pada titik baca yang diserahkan masing-masing di dalamnya terdapat kurang lebih 300 judul buku yang diakses secara gratis. 

Gubernur Khofifah menerangkan, lima Bakorwil di Jawa Timur yang akan menerima tugu titikbaca tersebut antara lain Bojonegoro, Pamekasan, Madiun, Malang, dan Jember.

“Yang berbasis bakorwil itu juga nanti perlu disinergikan dengan Milenial Job Center (MJC). Itu infrastrukturnya sudah relatif standar, koneksinya bagus, coworking space, free of charge,” ujar Khofifah saat ditemui awak media usai membuka Festival Hari Buku Nasional (FHBN) 2022 yang diselenggarakan IKAPI Daerah Jawa Timur, Selasa (17/5/2022) di Maspion Square Surabaya. 

Khofifah berharap, format-format digital lainnya juga terus dikembangkan, seperti e-book, mobile library, drive thru library, dan lain-lain. 

“Perpustakaan-perpustakaan kita juga diharapkan bisa membangun transformasi digital. Kemudian kalau ada perpustakaan mobile itu bisa memberikan literasi lebih luas. Perpustakaan di perguruan tinggi, sekolah-sekolah, yang berbasis masyarakat, dan yang berbasis komunitas harus bersama-sama kita tumbuh kembangkan,” tutur Gubernur Jatim. 

Ketua Umum IKAPI, Arya Hilman Nugraha pun menjelaskan bahwa literasi bukan hanya kemampuan memilih dan memilah informasi, tetapi juga meniscayakan kemampuan setiap orang untuk dapat memaknai informasi secara kritis. 

“Sehingga setiap orang dapat mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup,” ungkapnya. 

FHBN 2022 mengangkat tema "Transformasi Digital untuk Literasi Bangsa” dan akan berlangsung hingga tanggal 22 Mei 2022. (idc/s)

#Gubernur Jawa Timur #hari buku #literasi #festival hari buku nasional