Senin, 28 November 2022

Gubernur Khofifah Tutup Uji Kompetensi Pewarta Foto Indonesia

Diunggah pada : 5 Agustus 2022 7:33:28 83
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat foto bersama dengan peserta UKPFI dan Dewan Pers, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis(4/8/2022).

Jatim Newsroom-Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menutup  Uji Kompetensi Pewarta Foto Indonesia (UKPFI) Surabaya 2022, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (4/8/2022) malam.

Uji Kompetensi ini digelar pasca organisasi profesi yang menaungi jurnalis foto tanah air ini secara resmi disahkan oleh Dewan Pers sebagai lembaga uji kompetensi.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah memberikan ucapan selamat kepada seluruh pewarta foto peserta uji kompetensi yang semua dinyatakan kompeten. "Seluruh kawan-kawan foto selamat semua sudah lulus uji kompetensi dan semua dianggap kompeten, dan juga ada mas Subechi yang juga sebagai salah satu penguji dari pewarta foto,"ujar Gubernur Khofifah.

Ia menambahkan, uji kompetensi bagi pewarta foto adalah bagian dari penguatan bersama dan  sangat penting, karena foto bisa berbicara melebihi kata-kata.

Penutupan UKPFI berlangsung penuh keakraban yang juga dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Hudiyono, di taman belakang Gedunb Negara Grahadi.

Sementara itu, Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Pers dari Dewan Pers, Ninik Rahayu, menuturkan meski keprofesionalan jurnalis telah dipahami berbagai institusi narasumber, namun uji kompetensi jurnalis telah menjadi keharusan yang diamanatkan Peraturan Dewan Pers. Masyarakat harus tahu urgensi Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) dalam realita media dan kewartawanan saat ini. 

Peraturan Dewan Pers No.1 tahun 2010, yang diperbarui dengan Peraturan Dewan Pers No. 4 tahun 2017 tentang Sertifikasi Kompetensi Wartawan, salah satunya menyebut adalah untuk menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik. "Semakin banyak diadakannya uji kompetensi wartawan, akan semakin meningkatkan keprofesionalan wartawan dan perusahaan media itu sendiri," katanya.

Ninik mengungkapkan, kebanggaannya Pewarta Foto Indonesia (PFI) mampu melaksanakan uji kompetensi bagi anggotanya yang tersebar di seluruh Indonesia. "UKPFI dapat menunjang kemerdekaan pers dan meningkatkan profesionalisme media. Dengan demikian, semoga mempercepat cita-cita bangsa Indonesia yang termaktub di UUD 1945," ujarnya. (mad/hjr)

 

 





#gubernur khofifah #PWI jatim