Rabu, 19 Juni 2024

Gubernur Khofifah Harapkan Prestasi Atlet Jatim Meningkat

Diunggah pada : 31 Mei 2023 17:25:39 66
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat membuka gelaran Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) KONI Jatim di Grand City Convention Exhibition, Surabaya, Rabu 31 Mei 2023.

Jatim Newsroom- Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berharap prestasi olahraga Jatim  terus meningkat tidak hanya di kancah nasional tapi juga internasional. 

Hal itu disampaikan gubernur saat membuka gelaran Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) KONI Jatim di Grand City Convention Exhibition, Surabaya, Rabu (31/5/2023).

Ia mengaku, sangat senang melihat hasil pembinaan yang dilakukan oleh KONI Jatim beserta seluruh pengurus cabang olahraga yang menghasilkan bibit-bibit atlet berprestasi. 

Hal itu terbukti dengan sumbangan 25 emas, 19 perak dan 17 perunggu dari total raihan medali Indonesia sebanyak 87 emas, 80 perak dan 109 perunggu pada gelaran SEA Games XXXII 2023 Kamboja. 

Catatan tersebut sekaligus menempatkan Jatim sebagai penyumbang medali emas terbanyak bagi Indonesia. Sebab, Jawa Barat menyumbang 24 emas dan DKI Jakarta menyumbang 22 emas. 

"Terima kasih, apresiasi, kami bangga atas kinerja KONI Jatim bersama seluruh cabor yang memberikan dedikasi terbaiknya kontribusi paling tinggi di antara KONI provinsi lain pada saat SEA Games di Kamboja. Jatim bisa memberi kontribusi 25 emas, ada yang 24 emas, ada yang 22 emas. Artinya, tertinggi kontribusi emas dari atlet, pelatih, official dan seluruhnya dalam kordinasi KONI Jatim," ungkap Gubernur Khofifah

Karena itu, Rakerprov kali ini ia berharap dapat dibahas serius upaya mendesain peningkatan prestasi olahraga di Jatim. Sebab, masih banyak agenda olahraga nasional dan internasional yang harus dipersiapkan dengan baik. "Event internasional berikutnya (Asian Games) jadi bagian penting bagi kita menjadi ikhtiar mengantar atlet kita menjadi diperhitungkan," ujar mantan Mensos RI itu.

Sementara itu, Ketua KONI Jatim, Muhammad Nabil mengatakan, Rakerprov ini menjadi agenda tahunan sesuai AD/ART untuk mempersiapkan program kerja tahun 2023. 

Menurutnya, tahun ini menjadi momen penting sebagai persiapan KONI Jatim dalam mempersiapkan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jatim 2023 dan menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara. "Babak kualifikasi atau Pra PON ini memang terjadi peningkatan. Kalau Papua cabornya 43 sekarang 65 cabor cukup banyak dan kami ikuti semua. Sehingga, kami perlu melakukan konsolidasi," ungkap Nabil. 

Tak lupa, Nabil menyampaikan terima kasih atas perhatian Gubernur Khofifah dalam memberikan dukungan terhadap pembinaan prestasi di Jatim. Termasuk memberikan apresiasi terhadap atlet dan pelatih SEA Games. 

"Terima kasih kepada Ibu Gubernur karena paling cepat memberi tali asih kepada seluruh atlet pada momentum Hari Kebangkitan Nasional, insyaa Allah pada peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni  diundang semua sama Bu Gubernur. Ini memberi rangsangan bagi seluruh atlet untuk bekerja lebih keras," pungkasnya.(mad/hjr)

#KONI Jatim