Kamis, 28 Maret 2024

Gubernur Khofifah Dinobatkan sebagai Tokoh Pendorong Penguatan Ekonomi Nasional Melalui Ekonomi Pedesaan

Diunggah pada : 16 Maret 2023 10:30:00 157

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima special achievement dalam ajang Radar Kediri Award 2023 yang digelar Radar Kediri Jawa Pos Media, pada Rabu (15/3/2023).

Pada kegiatan tersebut, Gubernur Khofifah dinobatkan sebagai The Stimulus And Drive To The Reinforcement Of The National Economy Through Rural Economies, atau tokoh pendorong penguatan ekonomi nasional melalui ekonomi pedesaan. 

Bukan tanpa alasan, penghargaan ini dianugerahkan pada Gubernur Khofifah atas keberhasilannya membangun ekonomi desa selama memimpin Jawa Timur. 

Bahkan di bawah kepemimpinan Gubernur Khofifah, jumlah desa mandiri terus bertambah hingga mencapai 1.490 desa mandiri per Juli 2022. Jumlah tersebut merupakan yang merupakan terbanyak secara nasional.

Atas penghargaan tersebut Gubernur Khofifah menyampaikan terima kasih dan apresiasinya. Menurutnya penghargaan ini ditujukan untuk seluruh elemen strategis di Jatim yang selama ini bekerja bersama-sama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di pedesaan.

“Terima kasih, penghargaan ini akan semakin menjadi cambuk kita bersama untuk semakin semangat menguatkan ekonomi pedesaan. Dan alhamdulillah sampai saat ini Jatim masih menjadi provinsi dengan jumlah desa mandiri terbanyak se Indonesia,” tegas Gubernur Khofifah, Rabu (15/3/2023). 

Lebih lanjut mantan Menteri Sosial ini menyebutkan bahwa jumlah desa mandiri di Jatim pada 2022 menunjukkan kenaikan yang signifikan dibanding tahun 2021 yang saat itu hanya ada 697 desa. Artinya, dari total 6.238 desa mandiri di Indonesia, sebanyak 23,88 persen atau 1.490 desa mandiri ada di Jawa Timur. 

“Sekali lagi capaian ini merupakan hasil komitmen dan kerja keras kita semua dalam mendorong percepatan pembangunan desa sehingga Jatim dinobatkan sebagai provinsi dengan jumlah desa mandiri terbanyak di Indonesia pada tahun 2022,” imbuhnya. 

Ke depan, disampaikan Gubernur Khofifah, upaya Pemprov Jatim untuk terus membangun dan memberdayakan masyarakat desa masih terus dilakukan melalui berbagai program dan kegiatan, baik dari pemerintah pusat, provinsi serta kabupaten dan kota.

“Upaya akan terus kita lakukan untuk mendorong semakin banyak Desa mandiri di Jatim. Terutama dengan memanfaatkan era digitali yang saat ini begitu pesat,” tegasnya.

Sebab menurutnya, di era saat ini yang serba digital, sangat mungkin untuk dimanfaatkan oleh suatu desa untuk memaksimalkan kemampuan yang ada di desa, maupun kemampuan masyarakatnya. Sehingga desa tersebut akan berkembang dan menjadi desa mandiri. 

“Potensi pedesaan di Jatim ini sangat besar. Maka mari kita sama-sama berkolaborasi membangun strong partnership untuk menjadikan desa di Jatim semakin maju dan berdaya,” pungkas Gubernur Khofifah.(red)

#Khofifah Indar Parawansa #Gubernur Jawa Timur