Kamis, 28 Maret 2024

Gubernur Khofifah dan Jajaran Forkopimda Kukuhkan Paskibraka 2022 Jatim

Diunggah pada : 16 Agustus 2022 18:30:18 832
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan jajara Forkopimda Jatim pada sesi bersama seluruh personil Paskibraka Jatim 2022, di Gedung Negara Grahadi, Selasa(16/8/2022).

Jatim Newsroom– Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka Jatim di Halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (16/8/2022) sore.

Anggota Paskibraka itu merupakan putra putri daerah dari perwakilan 38 daerah yang telah terpilih masing-masing 2 orang pelajar SMA/SMK setiap kabupaten/kota.

Mereka bertugas mengibarkan dan menurunkan Bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022, di halaman Gedung Negara Grahadi.

Pengukuhan Calon Paskibraka Jatim 2022 ini ditandai dengan dibacakannya Ikrar Putra Indonesia oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jatim Pulung Chausar yang diikuti pula oleh ke-77 anggota Paskibraka Jatim.

Suasana semakin khidmat pada saat Shafrina Mumtaz yang merupakan anggota Calon Paskibraka 2022 asal Kabupaten Sumenep, diberi kesempatan untuk memegang dan mencium bendera Merah Putih saat pengucapan ikrar Putra Indonesia.

Gubernur Khofifah selaku Pembina Upacara membacakan kata-kata pengukuhan. “Dengan memohon ridho Allah Yang Maha Kuasa, pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya pada tanggal 17 Agustus 2022. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa memberikan rahmat dan kemudahan dalam menjalankan tugas negara,” ucap Gubernur Khofifah

Dalam formasi Paskibraka tahun ini pasukan pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih akan dilakukan dengan formasi yang berbeda, yaitu yang sebelumnya  17-8-45 Paskibraka maka tahun ini dibagi 2 penugasan pasukan pengibar bendera pusaka yaitu 38 orang Paskibraka bertugas pengibaran bendera  pagi hari dan 38 orang bertugas penurunan bendera sore hari.

Berbeda dengan jumlah Paskibraka di Istana Negara, ke-77 anggota Paskibraka Jatim yang dikukuhkan tahun ini merupakan simbol perwakilan dari setiap kabupaten/kota di Jawa Timur.

Di antara 77 anggota Paskibraka tersebut, telah terpilih delapan orang yang bertugas pada upacara pengibaran.

Kedelapan pasukan tersebut adalah Audina Az-Zahra bertugas sebagai pembawa baki, asal SMA Sunan Giri Kabupaten Gresik dan Cadangan Baki  adalah Danvanka Paramysella dari SMAN 1 Maospati Kab. Magetan, Muhammad Arifgi  Nur Faidzin bertugas sebagai pembentang dari SMAN 1 Tuban Kab. Tuban, Aura Sekar Gading Adhyaksa, bertugas sebagai komandan kelompok delapan berasal dari SMAN 1 Kediri,  Emrei Maulida Kurniawan sebagai pengerek, berasal dari SMAN 1 Glagah Kab. Banyuwangi, Haidar Rafli bertugas sebagai serpihan berasal dari SMAN 1 Waru Kab. Sidoarjo,  Fadillah Hanum Ismail bertugas sebagai serpihan berasal dari SMAN 2 Surabaya Kota Surabaya, dan Ragil Satrio Bagus bertugas sebagai serpihan berasal dari SMAN 1 Lumajang Kab. Lumajang

Dalam momen pengukuhan ini, Khofifah menyampaikan bahwa pengukuhan Paskibraka Jawa Timur dihadiri seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur dan seluruh jajaran pejabat instansi vertikal. Sebab, pengukuhan ini adalah sangat penting, karena menjalankan tugas mulia dan tugas negara, yaitu pengibaran bendera pusaka pada detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

"Pengukuhan ini diantarkan, didampingi oleh jajaran Forkopimda Jawa Timur serta seluruh instansi vertikal di Jawa Timur, sebab tugas ini adalah tugas mulia, tugas negara mengibarkan bendera pusaka pada saat detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI bukan tugas biasa-biasa saja, oleh karena itu kepada seluruh orang tua agar mendoakan supaya tugas seluruh anggota Paskibraka yang bertugas pada upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77  berjalan dengan lancar dan khidmat,"tegasnya.

Turut hadir dalam upacara pengukuhan Paskibraka Jatim 2022, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto, Jajaran pejabat  Forkopimda Jawa Timur, dan jajaran pejabat pemerintah Provinsi Jawa Timur. (mad/hjr)

 

 

 

 

 

 

 

#gubernur khofifah