Jumat, 19 April 2024

Gubernur Khofifah dan Forkopimda Gelar Rakor Pengamanan Mudik Lebaran Tahun 2022 di Jatim

Diunggah pada : 19 April 2022 20:42:27 222
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, bersama Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta serta Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI, Nurcahyanto usai membuka Rakor persiapan mudik 2022 di gedung Mahameru Polda Jatim. (hen)

Jatim Newsroom – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa  bersama Kapolda, Pangdam V Brawijaya menggelar rapat koordinasi persiapan pengamanan lebaran tahun 2022 di Gedung Mahameru Polda Jatim, Selasa (19/4/2022).

Pengamanan lebaran  diselenggarakan Polda Jatim dengan sandi Operasi Ketupat Semeru 2022.

Gubernur Jatim, berterima kasih kepada jajaran Polda Jatim yang  menyelenggarakan rakor  persiapan pengamanan lebaran.

Diharapkan pengamanan lebaran di Jatim bisa diantisipasi sejak dini dan mudik di Jatim bisa berjalan lancar, aman serta nyaman. 

Menurut gubernur, data pemerintah pusat menyebutkan mudik di Jatim ini diperkirakan sekitar 16 juta orang sejak dibebaskannya tes Antigen dan PCR.

 

Gubernur Jatim meminta semua pihak meningkatkan kewaspadaan bersama. salah satunya, menyiapkan layanan kesehatan.

Layanan kesehatan itu, dimaksud juga untuk menyambut kedatangan para pemudik dari berbagai daerah yang akan masuk ke Jatim.

Mantan Menteri Sosial RI itu, menyebutkan kewaspadaan bersama melalui layanan kesehatan juga dapat dipersiapkan oleh perkampungan-perkampungan yang menjadi tujuan mudik, melalui revitalisasi format PPKM.

"Bagaimana vaksinasi mereka, booster mereka, kesiapsiagaan dari masing-masing kampung atau desa melalui revitalisasi PPKM yang ada. Kemudian tim vaksin. Diharapkan juga disiapkan di masing-masing desa," jelasnya.

Dalam kesempatan , gubernur meminta kepada Babinsa, Babinkamtibmas, serta Bidan dan Kepala Desa untuk juga gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk vaksin Boster ketiga maupun vaksin. Begitu juga kepada bupati hingga Kades untuk juga mengatifkan kembali PPKM tingkat desa.

Dengan demikian, lanjut Khofifah, semangat mudik yang dicanangkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mengusung tagline mudik sehat dan selamat, menjadi bagian yang top of mind masyarakat "Kalau semua memiliki top of mind yang sama; sehat dan selamat, maka masing-masing menjaga diri dan lingkungannya supaya sehat dan selamat," pungkasnya.

Sementara itu Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta meminta kepada semua jajaran kepolisian di Jatim untuk bekerjasama dengan TNI dan instansi pemerintahan baik provinsi dan Kabupaten/kota untuk ditingkatkan kembali PPKMnya. Karena PPKM ini merupakan salah satu benteng terakhir didalam menegakkan dan menjaga Protokol kesehatan.

"Untuk pengamanan lebaran di Jatim di tahun 2022 akan disiagakan 10.536 personil dari Polda, TNI, dan stakeholder pemerintahan di Jatim. Dan Polda juga akan mendirikan pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu yang nantinya diisi oleh jajaran yang terlibat dari pengamanan mudik 2022,"katanya.

Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI, Nurcahyanto mengatakan pihak TNI siap mendukung, dan membantu kelancaran jajaran kepolisian di Jatim untuk mengamankan arus mudik selama lebaran 2022. "Pak Kapolda, dan bu Gubernur  pasukan TNI Kodam V Brawijaya ada 6.000 personil untuk mengamankan mudik. Ada juga dari TNI AU, serta TNI AL juga disiapkan,"pungkasnya. (pca/hjr)

#gubernur #jatim #polda #lebaran2022 #operasi Semeru