Selasa, 19 Maret 2024

Gubernur Khofifah dan Dubes RI Bahas Peringatan 65 Tahun Hubungan Indonesia-Jepang

Diunggah pada : 3 Februari 2023 18:42:32 85
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan cinderamata lambang kerajaan Majapahit kepada Dubes RI Untuk Jepang, Heri Akhmadi, di Gedung Negara Grahadi, Jumat(3/2/2023).

Jatim Newsroom - Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi melakukan pertemuan dengan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (3/2/2023)

Pertemuan tersebut dilakukan dalam rangka persiapan menyambut peringatan 65 tahun Persahabatan Indonesia Jepang setiap 20 Januari.

Dalam pertemuan itu, keduanya banyak membahas terkait upaya pengembangan ekonomi Indonesia. Pertama, keinginan Jepang untuk mengembangkan industri turunan tembaga dan daur ulang metal. "Idenya adalah mengembangkan kawasan ekonomi khusus," kata Heri.

Kemudian, lanjut pria kelahiran Magetan itu, adalah mempromosikan Jawa Timur di Jepang. Khususnya, di bidang pariwisata dan ekonomi. Sebab, dari informasi yang ada Jatim memiliki hubungan dagang dengan Jepang, terutama di wilayah Okinawa yang sudah berlangsung sejak abad ke-13.

Karena itu, ia mengatakan, dalam promosi nanti akan mengangkat tema promosi Kerajaan Majapahit sebagai inspirasi dunia.

"Intinya kalau lihat sejarah kita, Indonesia hanya ada dua kerajaan nusantara yakni Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit. Ini jadi warisan kebesaran kita ke depan, ditambah ketika Indonesia diakui keberhasilan G-20 kemarin," pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah menyampaikan apresiasi karena kehadiran Heri Akhamdi semangat baru berkaitan upaya peningkatan ekonomi masyarakat.

"Kerawuhan Pak Dubes akan membawa suasana nusantara jadi referensi dunia, Bhineka Tunggal Ika juga jadi referensi dunia dan ini jadi bagian dalam membangun peradaban dunia," kata Khofifah.(mad/hjr)

 

 

#Jawa Timur #gubernur khofifah