Sabtu, 20 April 2024

Gladiator Athletic Juara Umum Kejuaran Cabor DBON 2022

Diunggah pada : 7 Desember 2022 23:11:54 125
Teks: Ketua Igornas Jatim, Anam Syaifuddin, Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Jatim Vitri Rahmawati dan Ketua Divisi Sport Science Unesa Mochamad Purnomo bersama para juara di Kejuraan Cabor Atletik DBON yang digelar di Lapangan Thor Surabaya, Rabu (7/12/2022).

 

Jatim Newsroom -Gladiator Athletic Club juara umum Kejuaraan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang digelar di Lapangan Thor Surabaya, Rabu (7/12/2022) dengan meraih 3 emas, 2 perak, 1 perunggu.

Tiga emas Gladiator Athletic Club diraih oleh Nurus Syifa Dwi yang turun dinomor tolak peluru putri dengan lemparan sejauh 10.54m, Ariz Nuraniyyah di nomor lompat jauh (4,87m) dan Ahmad Zufar AL, Far di tolak peluru putra (14.86m).

Diperingkat kedua ditempati SMPN 18 Malang dengan 2 emas dan MTSN 2 Malang juga dengan 2 emas. Disusul Blitarian Athletic Club yang meraih 1 emas dan 1 perunggu.

Menurut Ketua Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Jatim, Anam Syaifuddin mengatakan,  Kemenpora bekerja sama dengan Igornas Jatim menyelenggarakan kegiatan Kejuaraan Cabang Olahraga (Cabor) DBON. Ada tiga cabor yang dilombakan, yakni balap sepeda digelar di Bojonegoro, renang di Kolam Renang Unesa Surabaya dan atletik diselenggarakan di Lapangan Thor Surabaya. 

Untuk cabor atletik melombakan lompat jauh, lari 100m, 200m dan dan tolak peluru putra dan putri.  "Untuk cabor atletik diikuti 246 peserta dengan usia dibawah 16 tahun dari 23 kabupaten/kota di Jatim. Ajang ini merupakan upaya untuk mencari bibit yang nantinya dari hasil ini akan kami laporkan ke masing-masing PB (pengurus besar) cabor di Jakarta yang akan membina atlet,” ungkap Anam.

Untuk menggali bakat atlet muda, Igornas juga akan terus melakukan sosialiasi ke sekolah mulai jenjang SD, SMP maupun SMA. 

Ditemui ditempat yang sama Ketua Divisi Sport Science Unesa Mochamad Purnomo mengatakan, kejuaraan ini harus ditangkap oleh pihak sekolah dengan menggelar ekstrakuler untuk pembinaan. "Sebab peran sekolah cukup penting untuk pembinaan," katanya.

Ia juga mengatakan, kejuaraan atletik DBON ini juga diikuti oleh para pelajar yang bergabung di klub atletik maupun dari sekolah yang selama ini membina atletik. "Nantinya kejuaraannya akan kita pisah, untuk lini bawah atlet pelajar yang bergabung di sekolah dan untuk klub ada tersendiri," katanya.

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Jatim Vitri Rahmawati yang juga hadir dilapangan mewakili Kepala Dispora Jatim, Pulung Chausar memberikan apresiasi terkait kejuaraan DBON yang diikuti oleh pelajar dan ini menunjukkan kesiapan Jatim untuk pembinaan atlet yang diharapkan bisa meraih prestasi di nasional maupun internasional.

Selain itu hasil dari kejuaraan ini akan masuk data base Dispora. "Dari hasil kejuaraan ini akan masuk data base Dispora Jatim," katanya.(hjr) 

#jatim #Kejuaraan atletik