Rabu, 24 April 2024

Gelar Pelatihan KPM 2023, Pemkab Mojokerto Tingkatkan Kualitas Pemberdayaan Masyarakat

Diunggah pada : 8 Maret 2023 9:36:25 97
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom –  Pemkab Mojokerto melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mojokerto mengadakan pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) tahun 2023 di Pendopo Graha Maja Tama (GMT) Pemkab Mojokerto, Selasa (7/3/2023). KPM dinilai merupakan pelopor pembaharuan program pemberdayaan masyarakat di era digitalisasi.

Pelatihan peningkatan kapasitas bagi KPM Kabupaten Mojokerto itu dibuka langsung oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati. Adapun yang hadir sebagai pembicaranya ialah Kepala Diskominfo Kabupaten Mojokerto, Kepala DPMD Kabupaten Mojokerto,dan DPMD Provinsi Jatim.

Menurut Bupati Ikfina, tugas KPM sangatlah berat. Dimana KPM harus mengajak masyarakat untuk melakukan hal-hal produktif. 

"Tugas KPM tidak mudah, karena anda harus mengajak masyarakat melakukan hal yang tidak mau masyarakat lakukan. Tugas anda, bagaimana anda mengajak masyarakat untuk melakukan hal-hal yang produktif. Dengan masyarakat produktif, Indonesia akan bisa maju," kata Bupati Ikfina.

Menurut Bupati Ikfina, masih banyak persoalan di Kabupaten Mojokerto yang harus diselesaikan secara bersama-sama. Oleh karena itu, Ikfina meminta segala hal yang produktif sebagai upaya pemberdayaan masyarakat agar dilakukan dengan inisiatif. 

"Jika memang ada inisiatif untuk produktif, masyarakat bisa melakukan itu, tanpa harus menunggu pemerintah. Dari situlah fungsi KPM, Inisiatif-inisiatif tersebut muncul dari masyarakat melalui upaya KPM dalam menyemangati dan mengajak masyarakat di desa masing-masing untuk melakukan hal-hal produktif,” tukasnya.

Lebih lanjut dikatakan Bupati Ikfina, bahwa hal inisiatif untuk produktif itu harus timbul dari kesadaran diri.

“Kalau kita mengharapkan iming-iming imbalan, maka kita tidak akan bisa bekerja dan akan ketergantungan. Kita juga harus melakukan sesuatu dengan profesionalitas, sehingga kita harus terus meningkatkan skill kita. Dengan skill, setiap hal yang kita lakukan hasilnya akan lebih maksimal," tuturnya

Melalui pelatihan ini, kepada para KPM di Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina berharap ke depan semakin bisa berkiprah dan bisa meninggalkan sesuatu yang bermanfaat untuk generasi penerus bangsa di masa mendatang. 

"Dengan kesempatan ini, mari kita manfaatkan dengan baik. Kita akan bisa memberikan kontribusi positif terhadap negara, dan semoga kita banyak meninggalkan hal-hal baik yang bermanfaat untuk anak cucu kita nanti," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mojokerto Yudha Akbar Prabowo menjelaskan, bahwa Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Mojokerto tahun 2023 ini diikuti para anggota KPM yang dipilih dari 18 Kecamatan, dan masing-masing kecamatan diambil 5-6 peserta. (vin/s)

#Bupati Mojokerto #Kabupaten Mojokerto #Pemkab Mojokerto