Selasa, 23 Juli 2024

Gelar MTQ, Ponorogo Tak Akan Kekurangan Qori-Qoriah dan Hafid-Hafidzah Terbaik

Diunggah pada : 21 Mei 2024 20:05:42 76
Foto : Devi kominfo ponorogo

Jatim Newsroom - Program Tahfidz yang dicetuskan Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, bakal memberi manfaat dalam gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ponorogo 2024. Setidaknya, empat jenis lomba terdiri dari tartil, tilawah, serta tahfidz 1 juz, 5 juz, dan 10 juz  dalam MTQ itu melibatkan pelajar SD hingga SMP.

Bupati Sugiri Sancoko sudah menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Ponorogo Nomor 37 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Keagamaan Pada Pendidikan Dasar yang mensyaratkan materi hafalan juz tertentu dalam Al-Qur’an untuk lulusan SD dan SMP. 

MTQ Ponorogo 2024 yang berlangsung di Pendopo Agung dan Masjid Agung R.M.A.A Tjokronegoro selama tiga hari itu diikuti 210 peserta. Pembukaan dilaksanakan di Pendopo Agung, Selasa (21/5/2024), sebelum MTQ akan dilanjutkan pada Sabtu (25/5/2024) dan Minggu (26/5/2024). ‘’Ikut lomba MTQ itu tirakatnya berat. Harus jaga kesehatan, tidak boleh minum es, tidak boleh makanan pedas, termasuk gorengan,’’ kata Ahmad Zubaidi, ketua panitia. 

Pun, 210 peserta yang maju lomba di tingkat kabupaten adalah hasil seleksi dari MTQ kecamatan. Panitia juga melombakan tilawah remaja, Musabaqah Syahril Quran (MSQ), dan tiga cabang kaligrafi. ‘’Pemenangnya nanti akan menjalani pembinaan untuk mewakili Ponorogo dalam MTQ tingkat Provinsi Jatim,’’ terang Ahmad Zubaidi. 

Bupati Sugiri Sancoko tidak menafikan adanya korelasi Program Tahfidz di SD dan SMP dengan gelaran MTQ.   Ponorogo tidak akan kekurangan qori-qoriah dan hafid-hafidzah terbaik. Terbukti, wakil dari Ponorogo meraih juara 2 Tilawah Quran 1 Juz pada MTQ Nasional 2022.  ‘’Kalau sudah juara harus bangga dengan Ponorogo, jangan mau dipinang daerah lain. Sudah rela tidak minum es, tidak makan pedas, dan menghindari gorengan,’’ canda Kang Bupati –sapaan  Bupati Sugiri Sancoko. 

Dalam acara pembukaan MTQ itu, panitia menghadiahkan buku kepada Kang Bupati. Tampak ikut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Ponorogo,  Kasi Bimas Islam Kemenag, Takmir Masjid Agung R.M.A.A Tjokronegoro, serta dewan hakim yang menjadi juri MTQ. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo