Sabtu, 20 April 2024

Gedung Baru PMI Kota Surabaya Resmi Dibangun

Diunggah pada : 28 April 2022 9:24:08 513
Wakil Wali Kota Surabaya Armudji dan Ketua PMI Jawa Timur H. Imam Utomo.S saat mendengarkan penjelasan denah bangunan gedung oleh Wakil Ketua Ir. Tri Siswanto, MM

Jatim Newsroom - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya bakal memiliki gedung megah pada tahun 2025 mendatang. Hal itu dibuktikan dengan dimulai pembangunan gedung berlantai 4 di kawasan Jalan Sumatera Surabaya, Kamis  (28/4/2022). Peletakan batu pertama (ground breaking) secar simbolis  menandai pembangunan yang  diresmikan oleh Wakil Wali Kota (Wawali) Surabaya, Ir Armuji.

Peresmian juga dihadiri oleh Ketua PMI Jatim, Imam Utomo, Kepala Dinas Kesehatan Jatim, Dr. Erwin Ashta Triyono, Ketua PMI Surabaya, Hendro Gunawan, Wakil Ketua PMI Surabaya Tri Siswanto. Mereka bersama-sama menekan tombol sirine utuk menandai dimulainya pembangunan gedung yang bakal menelan anggaran hingga Rp 11 miliar selama 3 tahun tersebut. Setelah menekanan tombol sirine dilanjutkan dengan peninjauan sekaligus acara peletakan semen dan pemasangan tiang pancang di lokasi pembangunan.

“Kita sangat bersyukur melihat PMI Surabaya menjadi salah satu PMI pioner di tanah air. Baik dalam penanganan bencana maupun donor darah. Kini dengan penambahan fasilitas gedung yang pembangunannya dimulai hari ini, kita harapkan bisa selesai sesuai dengan target. Untuk mencapai itu, tentunya kita harus memberikan dukungan maksimal,” ujar Armuji di sela-sela pencanangan pembangunan tersebut.

Anggaran yang disiapkan, lanjut politikus PDI Perjuangan itu, selain dibantu oleh Pemkot Surabaya, juga banyak perusahaan maupun pengusaha yang ada di Surabaya. "Kita yakin jika berurusan dengan kemanusiaan, pasti banyak donatur yang akan terlibat. Surabaya ini banyak pengusaha gajah yang akan memberikan sumbangan. Saya pun siap membantu. Mumpung, bulan ini bulan Ramadan banyak berkah. Semoga juga diikuti yang lain," tambahnya.

Apresiasi juga disampaikan oleh Ketua PMI Jatim, Imam Utomo. Menurut mantan Gubernur Jatim 2 periode tersebut, PMI Surabaya sangat kreatif dalam berbagai bidang.

Mereka mampu menggerakkan semua lapisan untuk terlibat dalam kemanusiaan. "Karena itu, saya sangat yakin anggaran Rp 11 miliar yang dibutuhkan untuk membangun gedung empat lantai ini tidak akan sulit. Karena itu dibuktikan saat membangun UDD PMI Surabaya di Embong Ploso Surabaya mampu diselesaikan," papar orang nomor satu di PMI Jatim tersebut.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Jatim, Erwin Ashta Triyono, yang hadir mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, mengatakan, Pemprov Jatim akan mendukung maksimal, karena juga punya kepentingan terkait dengan keselamatan.

“Pemerintah Provinsi siap mengawal. Untuk itu, hal ini bisa didiskusikan ulang terutama tupoksinya. Agar Pemprov bisa membantu yang mana, sehingga pelaksaaan pembangunan bisa lebih cepat selesai,” tutupnya. (Aud/s)

#pmi #Jawa Timur