Senin, 22 Juli 2024

Gandeng WhatsApp, Telkom Siap Gaet Pasar Enterprise

Diunggah pada : 16 Februari 2023 10:25:04 103
Bekerja sama dengan Whatsapp Business Solution Provider, Infomedia akan menghadirkan experience terbaik dan mendukung operasional Whatsapp Business dalam 7x24 jam.

Jatim Newsroom - Mendukung perkembangan bisnis para pelaku usaha, PT Infomedia Nusantara (Infomedia), anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bekerja sama dengan Whatsapp Business Solution Provider untuk penggunaan Whatsapp Business Platform. 

Teknologi ini sebagai penyedia layanan digital business process, kerja sama ini semakin menyempurnakan layanan Infomedia dalam menghadirkan experience terbaik bagi pelanggan melalui portofolio Customer Relationship Management (CRM).

Direktur Utama Infomedia, Agus Wnarno, Kamis (16/2/2023) mengungkapkan, bahwa langkah yang diambil Infomedia ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam menghadirkan digital customer experience terlengkap bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

“Sebuah kebanggaan Infomedia menjadi Whatsapp Business Solution Provider pada Whatsapp Business Platform. Hal ini menjadikan solusi CRM Infomedia semakin lengkap, setelah sebelumnya melalui kerjasama dengan Meta Business, Infomedia telah menghadirkan Instagram dan Facebook sebagai bagian dari channel pelayanan pelanggan pada platform OMNIX,” ujar Awin.

Saat ini, channel real time communication Infomedia pada platform CRM unggulannya yakni OMNIX akan semakin lengkap digunakan untuk pelanggan. Hadirnya fitur Whatsapp Business yang terintegrasi dengan platform OMNIX, juga semakin memudahkan pelanggan dalam melakukan integrasi komunikasi dengan end user secara holistik. 

Aplikasi WhatsApp berada di urutan pertama penggunaan aplikasi pengiriman pesan terpopuler di Indonesia, dan kehadiran fitur Whatsapp Business menjadi salah satu alat pemasaran dan interaksi pelanggan dengan trafic yang meningkat tajam dalam kurun waktu empat tahun terakhir.

Infomedia menyediakan pengelolaan proses WhatsApp Business secara end-to-end dari mulai pendaftaran akun whatsapp bisnis dengan centang hijau, melakukan proses campaign untuk marketing, dan sales hingga pengelolaan keluhan pelanggan. Seluruh proses tersebut dapat disediakan secara terintegrasi dengan saluran pelanggan lainnya seperti inbound/outbound call, maupun social media services melalui platform OMNIX.

Selain itu, kekuatan yang dimiliki Infomedia pada platform OMNIX, memungkinkan seluruh catatan dari transaksi dan interaksi yang dilakukan pelanggan pada Whatsapp Business Account dan channel komunikasi lain dengan sangat mudah tersimpan dalam satu database terintegrasi. Hal ini memungkinkan perusahaan menganalisa perilaku pelanggannya sebagai modal dalam mengembangkan produk ataupun menentukan tawaran promo di masa mendatang.

Melayani berbagai segmen pelanggan dari sektor industri, pemerintahan dan pelayanan publik, Infomedia optimis bahwa kerja sama yang terjalin dengan Whatsapp Business Platform akan menjadi sinergi yang positif. Tingkat engagement publik yang tinggi dari platform WhatsApp lebih meyakinkan bahwa sinergi ini akan mampu mendongkrak pertumbuhan bisnis pada channel digital dengan berbagai inovasi yang telah disiapkan perusahaan untuk mendukung operasional layanan whatsapp business platform secara optimal.

Lebih lanjut Awin menyampaikan, “Untuk menjawab kebutuhan pelanggan dengan jumlah interaksi yang sangat besar di platform WhatsApp Business, Infomedia juga telah menyediakan dukungan Chatbot sebagai inovasi yang telah dikembangkan perusahaan“.

Menurutnya, melalui implementasi Chatbot, seluruh interaksi yang masuk akan dapat diberikan respon secara cepat, sehingga mengurangi waktu tunggu yang dapat mempengaruhi experience pelanggan. Dengan kapabilitas yang terus ditingkatkan, Chatbot yang ditawarkan juga di design untuk mampu memberikan respon secara lebih interaktif dan tepat sasaran.

”Hadirnya opsi tersebut, tentu menjadikan komunikasi dua arah yang disediakan oleh Whatsapp Business Platform untuk menjembatani komunikasi antara perusahaan dan pelanggannya semakin efektif, mudah dan personalize, serta sudah pasti meningkatkan kepercayaan pelanggan,“ pungkas Awin. (jal)

#telkom