Minggu, 25 September 2022

Gandeng Mahasiswa UKWM Surabaya, UPT PSTW Dinsos Jatim Beri Terapi Hipertensi pada PM

Diunggah pada : 25 April 2022 19:42:53 79
Kegiatan Terapi Meringankan Hipertensi bagi Para Penerima Manfaat (PM) di UPT PSTW Pasuruan

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur  melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Dinas Sosial Jatim di Pasuruan, menggandeng mahasiswa Keperawatan Universitas Katolik Widya Mandala (UKWM) Surabaya guna memberikan terapi meringankan hipertensi bagi para penerima manfaat (PM).

Mahasiswa keperawatan UKWM Surabaya tersebut sekaligus sedang melakukan riset skripsi dengan judul “Meringankan Hipertensi PM dengan Terapi Akupresur Taichong dan Aromaterapi Lavender”.

Terapi Akupresur Taichong dilakukan dengan cara penekanan di titik-titik tertentu pada tubuh (meridian) untuk menyembuhkan suatu penyakit dan meningkatkan kualitas kesehatan. Titik taichong terletak di punggung kaki, di antara ibu jari kaki, dan tulang metatarsal kedua. Terapi ini akan berlangsung enam kali pertemuan dalam dua minggu dengan sasaran 25 PM di UPT PSTW Pasuruan.

Kegiatan terapi dimulai dengan melakukan koordinasi bersama perawat untuk memilih PM yang mempunyai riwayat hipertensi, kemudian melakukan pengecekan tensi di awal sebelum terapi ini berlangsung. Selanjutnya PM akan diberi aromaterapi lavender yang diteteskan di media kapas untuk dihirup sambil dilakukan penekanan pada titik taichong selama 5 detik dan dilepaskan 1 detik, hal ini diulangi selama 30 kali dalam 1 menit. 

Manfaat dari adanya terapi akupresur taichong dan aromaterapi lavender, yakni merangsang fungsi hati untuk memfasilitasi kelancaran aliran darah ke seluruh tubuh yang akan merangsang endorfin yang diproduksi oleh kelenjar pituiteri di dalam otak.

Terapi ini dapat memberikan rasa nyaman dan rileks sehingga dapat menurunkan tekanan darah, sedangkan aromaterapi lavender yang dihirup melalui hidung dapat memaksimalkan suplai oksigen dan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh sehingga menurunkan tekanan darah.

Kepala UPT PSTW Pasuruan, Cicih Suarsih, melalui Kepala Seksi Bimbingan Sosial, Rasimin, di kantornya, Senin (25/4/2022) menyampaikan, bahwa pihaknya terus mendampingi mahasiswa UWM yang sedang menyelesaikan penelitiannya. Ia juga banyak belajar ilmu baru dari mahasiswa tersebut, terutama dalam mengatasi hipertensi.

“Kami merasa senang mendapat ilmu baru dengan terapi akupresur taichong dan aromaterapi lavender ini yang ternyata bisa mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi. Terlihat PM merasa nyaman dan menikmati proses terapi yang dilakukan,” ujarnya.

Ia berharap setelah dilakukan terapi akupresur taichong dan aromaterapi lavender dapat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah PM secara mandiri, khususnya untuk PM yang mengalami hipertensi, serta tekanan darah PM dapat stabil dan mengalami penurunan. (sti)

#dinsos #jawatimur