Minggu, 29 Januari 2023

Festival Batik Kota Probolinggo, Promosikan Karya Pembatik Lokal

Diunggah pada : 1 November 2022 13:05:48 21
Festival Batik Khas Kota Probolinggo 2022, Senin (31/10/2022). Foto: Diskominfo Kota Probolinggo

Jatim Newsroom – Festival Batik Khas Kota Probolinggo 2022 gelaran Dekranasda setempat dalam rangka Hari Batik Nasional dilaksanakan dengan begitu meriah dan berkesan, Senin (31/10/2022) malam. Forkopimda, Sekda dan Kepala Perangkat Daerah (PD) beserta staf berlenggak-lenggok mengenakan karya batik KIBRO (Komunitas Batik Kota Probolinggo).

Sesuai dalam rilis Diskominfo Kota Probolinggo, Festival Batik Khas Kota Probolinggo Tahun 2022 ini, diikuti oleh sebanyak  33 peserta, berasal dari PD di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo. Di mana setiap peserta mengenakan busana batik khas kota yang dikenal dengan ikon mangga, anggur dan anginnya.

Bak seorang model, para peserta berlenggak-lenggok selama 2 menit melewati green carpet, diiringi hentakan musik tradisional dari Bahana Suara Bayuangga. Diawali dengan penampilan Parade all PD yang dipimpin Sekda Kota Probolinggo, drg Ninik Ira Wibawati, lalu peserta dari masing-masing PD yang terdiri dari 1 orang kepala PD didampingi 10 orang stafnya.

Berdasarkan penilaian 3 juri independen yang hadir, yakni dari RAMS Management, Ridwan, Model Senior, Nani Kastip dan Putri Kesehatan yang juga tercatat sebagai seorang model aktif, Jessi terpilih 5 juara. Mereka dinyatakan menang karena keserasian busana dan performa saat peragaan berlangsung.   

Juara 1 diraih Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), disusul Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Bagian Kesra dan juara berikutnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Kesehatan P2KB. Sedangkan juara pendamping terfavorit disabet Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Ditemui usai acara, Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, mengungkapkan bahwa gegap gempita festival yang digelar untuk pertama kalinya ini adalah wujud nyata partisipasi dan dukungan pembatik di Kota Probolinggo yang sangat luar biasa. Di mana dari gelaran yang dimulai sekira pukul 19.00 WIB itu, tampak banyak keanekaragaman batik khas yang dimiliki kota dengan melibatkan PD yang ada sebagai talent-nya.

“Ini adalah salah satu komitmen untuk memunculkan batik-batik khas kota, dan upaya mengangkat UMKM yang ada, khususnya pembatik. Untuk kita kenalkan, kita promosikan, bahwasanya batik Probolinggo tak kalah dengan batik dari daerah lain,” ungkapnya.

Sementara itu ditemui terpisah, Kepala Diskominfo Kota Probolinggo, Pujo Agung Satrio mengaku tak menyangka ia dan timnya akan lolos menjadi pemenang. “Nggak nyangka. Yang pasti ini hasil kerja keras teman-teman yang sudah berlatih selama dua hari ke belakang. Teman-teman, ini berkat kalian yang luar biasa hebat dan handal,” tutupnya. (ghf/n)

#Batik #kota Probolinggo #Festival batik