Kamis, 9 Februari 2023

Esports Jatim Diharapkan Jadi Barometer Nasional

Diunggah pada : 25 Juni 2022 16:48:14 323

Jatim Newsroom - Cabang olahraga esports memulai langkah awalnya bergabung dalam multievent Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur 2022. Hal itu ditandai dengan digelarnya pertandingan eksebisi esport di Aula PB Sudirman, Kantor Pemkab Jember yang berlangsung pada 24-26 Juni 2022.

Cabor ini secara resmi mempertandingkan enam nomor pertandingan. Antara lain, PUBG, Mobile Legend, Free Fire, PES console, FIFA console dan League and Legend.

Cabor eksibisi ini juga menarik antusiasme tinggi setiap daerah. Tercatat, 38 kabupaten/kota di Jawa Timur dengan jumlah 152 atlet ikut ambil bagian dalam kejuaraan eksibisi ini.

Dengan banyaknya atlet yang terlibat, Ketua KONI Jatim, M. Nabil, pun berharap muncul bibit-bibit baru yang nanti mampu mengharumkan nama Jatim lewat prestasi di kancah nasional maupun Indonesia di event internasional.

"Ketika jumlah banyak, 152 orang, berarti ada proses dari bawah. Ada penyaringan yang memunculkan pemenang. Tapi ini harus dilatih terus menerus agar Jatim bisa jadi barometer, modal kita 38 kabupaten/kota," terang Nabil.

Nabil menilai, cabor esports ini memiliki dinamika yang sangat cepat dalam sisi prestasi. Artinya, siapa pun bisa menjadi juara. Untuk itu, ia berharap esports Jatim rutin menggelar kegiatan untuk menjaga performa para atlet.

"Caranya seperti ini, perbanyak kegiatan. Esports ini dinamikanya terlalu cepat, gak ada pemenang permanen, sehingga harus dijaga terus. Tidak seperti cabor lain, sekali menang peluang menang lagi masih besar," katanya.

Dengan jumlah yang besar, Nabil berharap, ke depan cabang olahraga esports ini bisa memberi banyak emas untuk Jawa Timur. Karena di provinsi ini banyak atlet potensial yang bermunculan.

"Kita harapkan esports bisa memberikan banyak emas, karena dengan jargon Jawa Timur menuju prestasi dunia. Maka pembibitan atlet harus kita maksimalkan, bukan hanya dari segi teknis, tapi aspek lainnya juga harus kita lihat, seperti gizi atlet dan kesehatannya," ujar dia.

Gubernur Dukung Penuh
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur, Pulung Chausar, menyatakan mendukung penuh keberadaan cabor baru, tak terkecuali esports.

“Meski tidak bisa hadir pada eksibisi kali ini, Ibu Gubernur siap mendukung penuh cabor-cabor baru. Karena Ibu Gubernur memiliki perhatian besar kepada dunia olahraga,” ujar Pulung.

Pulung pun senang melihat antusiasme peserta dari kabupaten/kota yang sangat besar dalam gelaran eksibisi esports Porprov kali ini. Baginya, ini adalah langkah awal yang baik menuju meraih prestasi setinggi-tingginya.

“Dan yang terpenting, junjung sportivitas dan fairplay, agar kompetisi ini melahirkan bibit-bibit yang benar-benar berkualitas,” imbuhnya.

Sebagai informasi, untuk saat ini sudah tiga game yang sudah selesai ditandingkan, yakni Free Fire dengan juara pertama Kabupaten Blitar, runner-up Kabupaten Magetan dan peringkat ketiga diraih Bangkalan.

Sedangkan untuk PES Console, emas diraih Kabupaten Sidoarjo, perak direbut Kota Blitar, dan perunggu dikantongi Kabupaten Kediri. Sementara untuk Mobile Legend, juara satu diraih Kota Malang. Mereka berhak atas medali emas dan Piala Gubernur Jatim. Kemudian perak diraih Kabupaten Sidoarjo, perunggu diraih Kabupaten Bojonegoro.

Untuk saat ini yang masih bertanding di final ada FIFA Console. Untuk esok hari, Minggu (26/6/2022) ada PUBG Mobile dan League of Legend.(sti)

#Jawa Timur #esport