Minggu, 14 Agustus 2022

Emil Hadiri Seminar Koperasi sebagai Holding Company bagi Usaha Kreatif dan Digital

Diunggah pada : 5 Juli 2022 15:17:16 21
Plt. Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak dalam Seminar Nasional "Menjadikan Koperasi sebagai Holding Company bagi Usaha Kreatif dan Digital", Selasa (5/7/2022) secara daring.

Jatim Newsroom - Plt. Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menghadiri Seminar Nasional "Menjadikan Koperasi sebagai Holding Company bagi Usaha Kreatif dan Digital", Selasa (5/7/2022) secara daring. 

"Tantangan kita saat ini adalah bagaimana memastikan koperasi bisa relevan dengan situasi perekonomian dan mampu menjadi jawaban untuk peluang-peluang yang ingin dikejar oleh anak-anak muda kita, mereka punya jiwa wirausaha yang semakin tinggi," ujar Emil dalam seminar yang dinisiasi oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim). 

Didampingi Kepala Diskop-UKM Jatim, Andromeda Qomariah, Wagub Emil menggarisbawahi pentingnya membangun generasi muda yang memiliki semangat kerja sama dan kolaborasi yang tinggi sehingga tidak individualistis. 

"Begitupun di koperasi, tidak akan bisa berkembang kalau karakter kita sendiri tidak mengakar sebagaimana apa yang diwariskan oleh pendiri bangsa kita yang mengedepankan kekeluargaan dan kebersamaan, bukan individual success," tegasnya. 

Di Jawa Timur tercatat sebanyak 22.891 koperasi yang aktif. "Kalau total koperasi ada 36.000. Kita bisa hitung ada sekitar 14.000 yang tergolong kurang aktif. Ini tantangan kita mendorong agar koperasi lebih aktif," imbuhnya. 

Ia pun menjelaskan mengenai program Ekonomi Pesantren atau Ekotren. Dalam program ini, Pemprov Jatim bukan saja menekankan penguatan produknya, melainkan kelembagaannya. 

"Kita membimbing, membina agar pesantren mau memperkuat koperasi pondok pesantren atau Kopontren. Tujuannya supaya ada kelembagaan yang profesional dalam mengelola produk-produk hasil pesantren itu," ungkapnya. 

Pendekatan Kopontren ini diyakini Emil mampu menjadi sebuah keberpihakan atau komitmen dari Pemprov Jatim untuk mengutamakan koperasi sebagai badan hukum atau badan usaha yang akan disokong untuk bisa mendorong kemajuan ekonomi umat dan juga ekonomi rakyat Jawa Timur. 

"Semangat dari kita, oleh kita, dan untuk kita mari kita gelorakan, bergotong royong bersama untuk membangun Jawa Timur dengan membesarkan koperasi," pungkasnya. (idc/n)

#Emil Elestianto Dardak #Diskop UKM Jatim #Wakil Gubernur Jatim #koperasi