Selasa, 29 November 2022

Eksekutif Lamongan Paparkan Prioritas Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Adil Merata Sejahtera

Diunggah pada : 5 September 2022 17:03:37 22

Jatim Newsroom - Berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara adil, merata, dan sejahtera, Pemerintah Kabupaten Lamongan terus melakukan koordinasi dalam perencanaan pembangunan daerah. Selaku Eksekutif di Kabupaten Lamongan Bupati Yuhronur Efendi menyampaikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD atas Rancangan Peraturan Daerah tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2022 yang telah disampaikan pada Agustus lalu, pada rapat paripurna DPRD, Senin (5/9/2022), di ruang rapat Paripurna DPRD Lamongan.

"Setelah melalui koordinasi bersama dewan yang terhormat dan mendapati masukan serta saran terhadap rancangan peraturan daerah tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2022 beserta nota keuangannya akan ditujukan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat secara lebih adil, merata dan sejahtera guna mewujudkan kejayaan Lamongan yang berkeadilan," tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes, dikutip dari rilis resmi Pemkab Lamongan kepada Jatim Newsroom.

Dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Lamongan, Pak Yes menyatakan hal itu dapat dimulai dari meningkatkan pendapatan asli daerah.

"Seiring dengan pemulihan pasca pandemi Covid 19 bisa dibarengi dengan meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat, Pemerintah berupaya menetapkan target dengan cermat dengan memperhitungkan potensi serta resiko. Target salah satunya dengan meningkatkan pendapatan asli daerah dengan pengoptimalan pajak daerah, retribusi daerah, serta pengelolaan kekayaan darah," terang orang nomor 1 di Kota Soto itu.

Peningkatan pemerataan kesejahteraan masyarakat Lamongan juga dapat ditembus dengan pemaksimalan fasilitasi berbagai bidang, mulai dari bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang insfrastruktur, bidang ketahanan pangan dan pertanian, bidang kepemudaan dan olahraga, serta bidang perencaan dan pengelolaan keuangan.

"Pemkab akan terus mengupayakan kualitas pembangunan saranan dan prasarana sekolah di Lamongan serta peningkatan kompetensi tenaga pendidiknya dengan menerapkan kurikulum merdeka belajar. Tahun 2023 akan diberikan mobil sehat pada seluruh desa di Lamongan, melakukan rehabilitasi Puskesmas pembantu, pencanangan pendirian Rumah Sakit di daerah pantura. Menjadi program super prioritas Lamongan, Jamula kini disusul dengan normalisasi waduk, rawa, dan embung sebagai penyedia air untuk kebutuhan masyarakat. Premis pupuk yang masih ramai dikalangan petani akan disampaikan permohonan rekomendasi penyaluran pupuk sibsidi ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur agar kebutuhan pupuk di Lamongan terpenuhi," terang Pak Yes dihadapan 30 dewan yang hadir dari 7 fraksi di Lamongan.

Pungkasnya, Pak Yes menghaturkan ungkapan terimakasih atas konsolidasi yang dilakukan oleh DPRD Kabupaten Lamongan melalui masukan dan saran yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Lamongan. (ghf/n) 

#DPRD #lamongan #paripurna