Kamis, 6 Oktober 2022

Dukung Penuh JKF 2022, Kominfo RI Gelar Workshop Literasi Digital di Batu

Diunggah pada : 26 Juli 2022 11:35:55 84
Workshop Literasi Digital Kelompok Masyarakat Umum, Komunitas, dan UMKM di Hotel Horison Trunojoyo Kota Batu, Selasa (26/7/2022)

Jatim Newsroom – Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI mendukung penuh penyelenggaraan Jatim Kominfo Festival (JKF) 2022. Dukungan tersebut diwujudkan dengan melaksanakan workshop Literasi Digital Kelompok Masyarakat Umum, Komunitas, dan UMKM di Hotel Horison Trunojoyo Kota Batu, Selasa (26/7/2022). 

Adapun topik-topik yang diangkat dalam workshop ini antara lain tentang Diskusi Makin Cakap Digital dengan 4 Pilar Literasi Digital, Kelas Kebal Hoaks-Mengela Kategorisasi dan Tools Sederhana untuk Menangkal Hoaks, Konten Media Sosial Komunitas yang Efektif dan Menarik, Produksi Konten Kreatif dan Kekinian di Media Sosial, dan Kelas Personal Branding di Media Sosial. Workshop tersebut dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu kelompok komunitas dan kelompok milenial. 

Melalui tayangan video, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Johnny G Plate menyampaikan bahwa pihaknya secara konsisten menjalankan program literasi digital untuk memaksimalkan potensi positif ruang digital serta meminimalisir dampak negatif dari adanya digitalisasi. 

“Ada 4 pilar literasi digital, yaitu cakap digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital. Ke depan, kami akan menyasar kelompok strategis seperti perempuan, UMKM, disabilitas, nelayan, petani, dan lain-lain hingga menjangkau pelosok negeri. Mari bersama-sama berpartisipasi untuk Indonesia Terkoneksi. Makin Digital, Makin Maju,” ujarnya. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) mengamini pernyataan Menkominfo RI tentang pentingnya literasi digital tersebut. “Literasi Digital ini penting dan sedang dibutuhkan karena kecepatan Teknologi Informasi dan Komunikasi belum sepenuhnya seimbang dengan kecepatan pembangunan SDM kita,” tuturnya. 

Workshop Literasi Digital ini diyakini Hudiyono mampu menjadi jawaban untuk menjawab tantangan tersebut sekaligus mengakselerasi transformasi digital di Jawa Timur. “Kita bisa berkumpul di forum strategis ini dengan seluruh elemen di Jawa Timur. Kita bisa berkolaborasi menyampaikan strategi komunikasi dan strategi informasi publik. Tentu ini momentum perkembangan digitalisasi di Jawa Timur,” sambung Kadis Kominfo Jatim.

Tak lupa, kepada seluruh peserta yang hadir, Kadis Hudiyono berpesan agar masyarakat Jawa Timur bisa semakin bijak dalam menyikapi perkembangan digitalisasi, termasuk terkait media online dan media sosial. “Kita harus bisa santun dalam menggunakan media ya. Ini PR kita bersama, tidak bisa dikerjakan hanya oleh Diskominfo semata. Semoga yang kita pelajari hari ini bisa membawa keberkahan untuk kita,” pungkasnya. (idc/n)

#Diskominfo Jatim #JKF 2022 #Jatim Kominfo Festival #kominfo RI