Minggu, 21 Juli 2024

Dukung K-UKM, Sejumlah Agenda Digelar dalam Peringatan Hari Koperasi ke-75 Jatim

Diunggah pada : 28 Juli 2022 15:55:50 116
Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim), Andromeda Qomariah menyampaikan bahwa rangkaian peringatan Hari Koperasi ke-75 Provinsi Jawa Timur tahun 2022 telah diselenggarakan sejak tanggal 5 Juli 2022.

Pertama, Seminar Nasional dengan tema “Menjadikan Koperasi sebagai Holding Company bagi Usaha Kreatif dan Start Up” yang dibuka oleh Wakil Gubernur Jatim. Kedua, adalah talkshow perkoperasian dengan tema “Pemberdayaan Koperasi dan UKM” yang ditayangkan secara live pada stasiun TV lokal.

Ketiga adalah sarasehan pemberdayaan koperasi dan UMKM dengan tema “Perkoperasian dan Temu Bisnis dalam rangka Menguatkan Ketahanan Pangan dan Penguatan Ekonomi” yang telah diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Kediri, dengan narasumber dari koperasi setempat.

Kemudian yang keempat adalah gebyar peringatan Hari Koperasi ke-75 yang dirangkai dengan pasar rakyat dan UMKM yang diikuti oleh Kabupaten/Kota se-Jawa Timur bertempat di Simpang Lima Gumul Kediri, telah diselenggarakan pada tanggal 21-23 Juli 2022.

Andromeda menjelaskan, kegiatan K-UKM Expo ke-9 ini antara lain berupa UMKM Corner dengan sarana konsultasi skill up K-UKM dengan memberikan pelayanan dan pendampingan dalam perizinan Nomor Induk Berusaha (NIB), pemanfaatan aplikasi Smart Cashier, pengurusan merek sertifikasi halal, serta desain logo dan kemasan dengan melibatkan Millenial Job Center (MJC).

“Selain itu juga ada temu start up, pendampingan pemanfaatan aplikasi SAPDA untuk akses pembiayaan dana bergulir, serta kegiatan on boarding yang didukung oleh 5 marketplace dari Tokopedia, Shopee, Blibli, Gojek, dan Grab,” terang Andromeda.

Tak lupa, ada juga pameran unggulan K-UKM Jawa Timur dan 1 unit dari Jawa Barat. Selanjutnya adalah beragam talkshow dan sharing session yang dihadiri oleh narasumber berkompeten di bidangnya, antara lain Bank Jatim, Bank UMKM DPRD Jawa Timur, Kadin dan Export Center Surabaya.

“Juga ada kegiatan live shopping selama kegiatan K-UKM Expo. Kemudian yang terakhir adalah kegiatan fashion show oleh asosiasi UMKM Jawa Timur,” imbuh Andromeda.

Dalam penyelenggaraan kegiatan ini, Diskop-UKM Jatim juga telah melakukan kolaborasi dengan Kabupaten Kediri. Untuk tahun selanjutnya, Peringatan Hari Koperasi akan dilaksanakan di Kabupaten Jember.

“Semoga kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi kita semua serta mendorong kemajuan UMKM Jawa Timur pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Selamat Hari Koperasi yang ke-75 dan selamat Hari UMKM ke-7 yang akan diperingati tanggal 12 Agustus 2022 nanti. Koperasi Kuat, Rakyat Berdaulat, Indonesia Hebat,” pungkas Kadis Andromeda. (idc/n)

#Diskop UKM Jatim #koperasi #K-UKM