Sabtu, 22 Juni 2024

Dua Hari, BPBD Jatim Kembali Bentuk Destana di Lima Daerah

Diunggah pada : 20 Mei 2024 12:17:07 8
Plh Kalaksa BPBD Jatim, Andhika N Sudigda saat memimpin pembentukan Destana Jatim di Kota Batu. (dok. BPBD Jatim)

Jatim Newsroom - Setelah bergeser di Kabupaten Malang dan Sumenep Destana dibentuk, Kali ini BPBD Jatim kembali membentuk Destana Jatim di lima daerah. Yakni, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Banyuwangi, Kota Probolinggo dan Kabupaten Pamekasan. Untuk Kota Batu, Kab. Banyuwangi dan Pamekasan, seremoni pembentukan Destana dilangsungkan pada Kamis (16/5/2024) lalu. Sedang dua daerah lainnya, berlangsung Jumat, hari ini.

Khusus di Kota Batu, kegiatan yang berlokasi di Kelurahan Sisir Kec. Batu ini dihadiri dan dibuka Sekretaris BPBD Jatim yang juga Plh. Kalaksa BPBD Jatim, Andhika N Sudigda.  Turut mendampingi, Kasie KL BPBD Kota Batu Doddy Fathurrahman, Kasie PK Kota Batu Gatot Nugroho, Wakapolsek setempat, Lurah Sisir M. Aviata Aria Pranaka dan Sekjen FPRB Jatim, Catur Sudarmanto.

Sedang di Kota Malang, hadir mewakili Kalaksa BPBD Jatim, Penata PB Ahli Madya BPBD Jatim, Sriyono. Kegiatan ini berlokasi di Kelurahan Ciptomulyo, Kec. Sukun.

Plh Kalaksa BPBD Jatim, Andhika N Sudigda mengatakan kegiatan Destana ini merupakan upaya peningkatan kapasitas masyarakat sebagai langkah kesiapsiagaan untuk menghadapi bencana.

Dengan pelatihan ini, masyarakat diharapkan  memiliki kemampuan untuk menghadapi bencana, minimal untuk dirinya sendiri. "Karena berdasar survey di Jepang, faktor utama pendukung keselamatan saat terjadi bencana itu ditentukan oleh dirinya sendiri. Setelah itu baru bantuan orang terdekat," terangnya dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/5/2024).

Lantaran itulah, ia berharap pelatihan Destana ini benar-benar diikuti oleh masyarakat, dan kalau bisa ditularkan kepada keluarga terdekat.

Dalam kesempatan yang sama, Lurah Sisir M. Aviata Aria menyampaikan terima kasih atas ditunjuknya wilayahnya sebagai lokasi Destana. Baginya, hal itu sangat tepat karena selama ini, wilayah Kelurahan Sisir memiliki sejumlah potensi bencana, seperti, tanah ambles, longsor dan angin kencang.

Sementara, untuk lokasi pembentukan Destana di Kabupaten Banyuwangi, Kota Probolinggo dan Kabupaten Pamekasan, masing-masing berlokasi di Desa Kebonrejo Kec. Kalibaru, Kelurahan Pakistaji Kec. Wonoasih dan Desa Padelegan Kec. Pademawu. Seperti halnya di lokasi sebelumnya, usai kegiatan seremoni pembukaan, di masing-masing lokasi Destana, juga diserahkan bantuan bibit pohon produktif sebanyak 100 bibit kepada masing-masing desa. (pca/hjr)

#BPBD Jatim