Kamis, 28 Maret 2024

Dr Alwi, Kadinsos Jatim Penerima Tanda Kehormatan Jer Basuki Mawa Beya

Diunggah pada : 11 November 2022 14:21:48 250
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa foto Bersama Dengan Kepala Dinas Sosial Provinsi Jatim, Dr Alwi MHum saat menerima penghargaan tanda kehormatan lencana “Jer Basuki Mawa Beya Perak”

Jatim Newsroom-  Raut wajah penuh kebahagiaan dipancarkan oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim, Dr Alwi MHum, saat menerima penghargaan tanda kehormatan lencana “Jer Basuki Mawa Beya Perak” dari Pemprov Jatim. Lencana tersebut disematkan langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di akhir upacara peringatan Hari Pahlawan Provinsi Jatim di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis (10/11/2022).

Tanda kehormatan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jatim Nomor 188/809/KPTS/13/2022 tentang Penerima Lencana Penghargaan Jer Basuki Mawa Beya dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan Provinsi Jatim Tahun 2022.

Gubernur Khofifah memberikan penghargaan tersebut kepada Kepala Dinsos Provinsi Jatim atas dedikasi, prestasi, serta inovasinya dalam percepatan penanganan pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) melalui program Jatim Social Care (JSC).

Ditemui usai menerima penghargaan, Jumat (11/11/2022), Alwi mengungkapkan rasa syukur dan bahagianya karena menerima penghargaan ini dari Gubernur Khofifah, orang nomor satu di Provinsi Jatim.

“Artinya apa yang kami lakukan diapresiasi pimpinan. Kedua, ini juga PR buat saya. Setelah menerima penghargaan ini sebagai sebuah apresiasi atas apa yang kami lakukan, maka kewajiban saya harus mengoptimalkan program JSC,” kata Alwi.

Dia menambahkan, ke depan pihaknya akan berupaya penuh agar program JSC bisa optimal, maksimal, berkelanjutan. “Untuk bisa mengoptimalkan JSC, saya akan bangun jejaring dengan teman-teman agar lebih giat lagi. Kalau perlu, nanti akan ada pengembangan-pengembangan yang kita lakukan. Jadi, penghargaan dari ibu Gubernur ini hadiah sekaligus tantangan,” tegasnya.

Selain kepada Kepala Dinsos Provinsi Jatim, penghargaan serupa juga diberikan Gubernur Khofifah kepada pilar-pilar kesejahteraan sosial, yakni Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Provinsi Jatim, Koordinator Tagana Provinsi Jatim, Ketua Karang Taruna Provinsi Jatim, Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Provinsi Jatim.

Alwi menjelaskan, penghargaan lencana “Jer Basuki Mawa Beya Perak” diberikan kepada pilar-pilar sosial karena Gubernur Khofifah menilai peran-peran mereka cukup signifikan saat Covid-19. “Harapan saya, penghargaan ini menjadi pemicu agar semangat pilar sosial semakin meningkat,” tuturnya.

Harapan itu diamini Koordinator TKSK Provinsi Jatim, Nur Sholeh. “Saya berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk TKSK seluruh Jatim agar lebih semangat, karena penghargaan ini saya dedikasikan untuk semua TKSK,” ungkapnya.

Sementara, usai menyematkan penghargaan Jer Basuki Mawa Beya Perak kepada Kepala Dinsos Jatim dan 11 tokoh lainnya, Gubernur Khofifah menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para penerima penghargaan. Ia menyebut 12 tokoh ini bisa menjadi teladan seperti halnya karakter Arek Suroboyo dan Jatim yang selalu mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.

“Kemudian berani dan suka memberi, ini bisa menjadi teladan bagi kita semua,” kata Khofifah yang juga mantan Menteri Sosial RI tersebut.

Gubernur mengajak 12 tokoh penerima Jer Basuki Mawa Beya untuk menjadi inspirasi bagi masyarakat Jatim yang lain, terutama bersama-sama meneladani jasa pahlawan dengan memberi contoh positif apapun latar belakang dan profesinya.

“Karakter manusia itu sesungguhnya cenderung untuk melakukan kebaikan. Maka alangkah baiknya bila disalurkan untuk bersama-sama membangun Jatim,” tuturnya.(her/s)

#dinsos jatim