Senin, 3 Oktober 2022

DPW Diskominfo Gelar Pelatihan Pembuatan Sabun Ramah Lingkungan

Diunggah pada : 15 Juni 2022 15:27:47 51
Diskominfo menggelar pelatihan pembuatan sabun ramah lingkungan dan kesehatan

Jatim Newsroom - Dharma Wanita Persatuan (DPW) Diskominfo mengadakan pelatihan pembuatan sabun ramah lingkungan. Kegiatan ini diikuti oleh para istri ASN dan staf Diskominfo Prov Jawa Timur, dengan menghadirkan narasumber Ketua Gerakan Belanja Produk Indonesia (Gerbapi),  Willy Filosofia.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Rapat Dinas Kominfo Jatim ini, dibuka langsung oleh Ketua DPW Diskominfo Prov Jatim, Muzayyinningsih Hudiyono, Rabu (15/6/2022).

Dalam sambutanya, Ibu Yuyun, sapaan akrabnya, menyampaikan terima kasih atas kehadiran ibu – ibu DPW Diskominfo dan diharapkan para pengurus DPW untuk lebih aktif agar DPW Diskominfo bisa lebih maju dan berkembang. Ia juga berharap pertemuan dan kegiatan pelatihan membuat sabun ramah lingkungan dan kesehatan ini bisa membawa manfaat berkelanjutan.

Willy Filosofia selaku pelatih keterampilan, mengatakan sabun itu identik dengan home care yang selalu dibutuhkan oleh setiap keluarga, dan tidak mungkin orang tidak pakai sabun. Dari kegiatan pelatihan ini ada dua hal manfaat yang bisa diambil. Pertama, ibu – ibu bisa membuat sabun yang ramah lingkungan dan aman untuk kesehatan, dengan bahan yang aman dalam arti bahan yang dipakai bukan yang mengandung soda api tapi bahan yang turunannya. Antara lain dari minyak sawit serta pewarna makanan dan bahan lainya yang mudah didapat seperti garam dapur dan air murni, yang secara ekonomis bisa menghemat pengeluaran serta bisa menambah penghasilan.

Sedangkan keuntungan yang kedua adalah bisa membantu mengurangi sampah  kemasan akibat bungkus produk ataupun kantong plastik bekas belanjaan.

“Kalau kita sudah bisa bikin sabun sendiri akan timbul rumah-rumah sabun, yang berprofesi ibu rumah tangga bisa mamanfaatkan keahlian membuat sabun ini sebagai ladang usaha mandiri, yang juga bisa menggerakkan ekonomi warga sekitarnya, “ujar Willy.

Adapun pelatihan untuk membuat kebutuhan home care atau sabun ramah lingkungan dan kesehatan, di antaranya membuat sabun pencuci piring, ditergen cair, serta pelembut pakaian.(yan/s)

#Diskominfo