Senin, 3 Oktober 2022

DPRD Serahkan Rekomendasi Pansus LKPj ke Gubernur Jatim

Diunggah pada : 28 April 2022 16:08:00 90
Foto : Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad, dan Sahat Tua Simanjuntak saat menyerahkan rekomendasi Pansus LKPj ke Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di ruang paripurna DPRD Jatim. (pca)

Jatim Newsroom – Sembilan Fraksi di DPRD Jatim resmi menerima dan menyerahkan hasil rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Gubernur akhir tahun 2021. Dimana ini menjadi tahapan akhir dari proses pembahasan LKPJ yang menjadi konsentrasi dewan selama beberapa minggu terakhir.

Penyerahan rekomendasi ini berlangsung dalam rapat paripurna DPRD Jatim, Kamis (28/4/2022). Sebelum rekomendasi diserahkan kepada Gubernur, seluruh fraksi terlebih dahulu menyampaikan pendapat akhir atas LKPJ Gubernur akhir tahun 2021.

"Semua saran, catatan dan harapan fraksi-fraksi dan rekomendasi Pansus merupakan bagian yang tak terpisahkan dari rekomendasi DPRD yang telah disampaikan kepada Gubernur untuk ditindaklanjuti,"kata Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad yang memimpin jalannya rapat paripurna.

Rapat paripurna itu dihadiri langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Emil Elestianto Dardak serta jajaran Pemprov. Sementara dari pimpinan DPRD Jatim, selain Gus Sadad hadir pula Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak.

Rekomendasi dari dewan tersebut menjadi bahan untuk penyusunan perencanaan di tahun ini maupun tahun berikutnya. Dalam pandangan akhir, jajaran fraksi menyampaikan sejumlah saran maupun harapan kepada Pemprov Jatim. Misalnya, Fraksi Partai Golkar yang menyampaikan tentang Pendapatan Asli Daerah atau PAD.

Juru Bicara Fraksi Partai Golkar, Pranaya Yudha Mahardika dalam keterangannya mengungkapkan, PAD di tahun 2021 berhasil melampaui target utamanya masukan dari sektor pajak. Sedangkan hasil dari BUMD juga memperkuat PAD tetapi belum signifikan.  Sehingga, Fraksi Partai Golkar berharap bisa dilakukan kajian terhadap BUMD atau anak perusahaan untuk menentukan badan usaha yang harus dipertahankan ataupun harus ditutup.

Disisi lain, Fraksi Partai Golkar juga menyatakan apresiasi atas 76 penghargaan formal dan prestisius baik tingkat nasional maupun internasional yang diraih provinsi Jawa Timur. "Capaian tersebut, merupakan keberhasilan bersama seluruh perangkat pemerintah dan stakeholder serta leadership yang mumpuni, justru dimasa sulit pandemi," ucap Yudha.

Sementara itu, Fraksi PPP DPRD Jatim dalam pendapat akhir mereka juga menyampaikan sejumlah harapan. Misalnya, mereka terus mendorong dan berharap dalam situasi saat ini Pemprov memberikan porsi anggaran yang signifikan untuk pengembangan UMKM.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan dari 11 Indikator Kinerja Utama (IKU) sesungguhnya sudah tercapai dari target. Capaian ini, disebutnya merupakan peran serta semua pihak. "Kami juga menyampaikan terimakasih kepada Pansus LKPJ dan seluruh fraksi yang secara maraton telah melakukan pembahasan sehingga menghasilkan rekomendasi," ucap Khofifah.

Menurut Khofifah, rekomendasi dari dewan sangatlah penting dan strategis untuk upaya peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.  "Maupun percepatan pelayanan kepada masyarakat," ucap Gubernur Khofifah yang menyatakan bakal menindaklanjuti rekomendasi secara komprehensif. (Pca)

Foto : Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad saat menyerahkan rekomendasi Pansus LKPj ke Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di ruang paripurna DPRD Jatim. (pca/hjr)

#DPRD